Tinjau Depo Sampah, Pj Walikota Janji Segera Selesaikan Masalah Sampah

Pj Walikota Tinjau Depo Sampah di Tanjung Pauh (2)

DETIKEPRI.COM, PAYAKUMBUH – Persoalan sampah di Kota Payakumbuh sangat menguras tenaga dan pikiran pemerintah untuk segera menyelesaikan masalah ini, terlebih lagi produksi sampah setiap harinya di Kota Payakumbuh cukup tinggi.

Sehingga penumpukan penumpukan sampah di tempat penampungan sampah sementara, menjadi masalah baru yang harus segera diselesaikan.

Penumpukan sampah yang dapat terjadi berberapa hari tentu membuat ketidak nyamanan manasyarakat yang disebabkan bau menyengat dan tidak sedap.

Tentu ini harus diselesaikan dengan bijaksana dan menjadi solusi terbaik untuk segera mengatasi masalah ini yang telah menjadi perhatian publik.

Akibat penumpukan sampah yang terjadi di Tempat Penampungan Sampah Sementara yang ada di Tanjung Pauh Payakumbuh Barat Pj. Walikota Payakumbuh Jasman meninjau langsung ke lokasi.

Beberapa waktu lalu iya mendapat keluhan yang serius dari masyarakat akibat penumpukan yang mengganggu jalan dan menimbulkan bau tak sedap.

“Beberapa waktu lalu di Depo Tanjung Pauh ini sempat terjadi penumpukan yang cukup banyak dan mengganggu jalan serta menimbulkan bau yang tidak sedap sehingga masyarakat sangat terganggu,” kata Pj Wako Payakumbuh, Jasman, Jumat (26/01/2024).

“Kami juga mengucapkan terimakasih kepada masyarakat setempat dan seluruh petugas yang telah ikut mengawasi dan peduli terhadap permasalahan sampah yang ada di Kota Payakumbuh,” ujarnya.

Jasman mengatakan untuk saat ini lokasi Depo Tanjung Pauh dijaga oleh petugas dan masyarakat setempat selama 24 jam sehingga nantinya tidak ada lagi warga yang membuang sampah di lokasi tersebut.

“Tentu sekarang kita dari Pemerintah Daerah mencarikan solusi agar tidak terjadi penumpukan di tempat lain dari tidak bisanya Depo Tanjung Pauh ini digunakan,” ujarnya didampingi Kadis LH Desmon Korina, Camat Payakumbuh Barat Ul Fakhri, lurah Tanjung Pauh Suci Amelia Putri, dan tokoh masyarakat setempat.

Ia mengatakan untuk sementara Pemerintah Kota Payakumbuh akan meningkatkan pengawasan dan sampah yang diambil dari Bentor langsung ke dalam truk dan di bawa ke Kota Padang.

Ia mengatakan bahwa Pemko Payakumbuh terus menyosialisasikan ke masyarakat untuk memilah sampah organik dan yang bernilai di rumah tangga masing-masing.

“Kita sadar bahwa dalam merubah kebiasaan tentu tidak bisa langsung dan membutuhkan waktu. Namun kita dari pemerintah daerah tentu akan terus mencari solusi demi solusi dalam penanganan sampah ini,” ungkapnya.