Kepri  

Ratusan Mahasiswa Baru Universitas Batam Jalani PKKMB 2023 di Kampus

WARTASIBER.com, BATAM – Sebanyak 835 Mahasiswa baru dari 5 Fakultas di Universitas Batam (Uniba) mengikuti Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2023 yang dilaksanakan secara indoor di Auditorium Graha Bintang, Kampus Universitas Batam.

Rektor Uniba, Prof. Hj. Indrayani S.E., MM., Ph.D mengatakan PKKMB adalah wahana bagi pemimpin perguruan tinggi mengenalkan dan menyiapkan mahasiswa baru sehingga lebih dewasa dan mandiri.

“PKKMB menjadi salah satu cara mempercepat proses adaptasi mahasiswa baru di lingkungan yang baru dan memberikan bekal untuk keberhasilannya menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi,” ujarnya.

Diterangkannya, Universitas Batam saat ini telah memiliki 5 fakultas yakni, Fakultas Teknik, Fakultas Ekonomi, Fakultas Ilmu Kesehatan, Fakultas Hukum dan Fakultas Kedokteran.

“Di Kepri ini baru hanya Uniba yang memiliki program studi S3 bidang Manajemen Sumber Daya Manusia untuk S3,” sebutnya.

Kepada mahasiswa baru, Prof. Indrayani ingatkan untuk pembelajaran nanti di universitas tentu berbeda dengan pembelajaran sewaktu masih di SMA atau SMK.

“Di Universitas kalian akan diperkenalkan dengan istilah SKS (Satuan Kredit Semester), ada KRS (Kartu Rencana Studi), ada KHS (Kartu Hasil Studi) dan lainnya. Istilah-istilah itu harus dipahami ketika akan memulai jenjang perkuliahan,” terangnya.

Menurutnya, tidak semua orang lulusan SMA atau SMK di Indonesia ini bisa menempuh bangku kuliah. Hal itu dikarenakan berbagai faktor, salah satunya faktor ekonomi. Oleh karenanya, dia berpesan kepada seluruh mahasiswa baru agar bersungguh-sungguh dalam menempuh pendidikan di Perguruan Tinggi.

“Jadi, kalian semua yang ada disini adalah orang yang beruntung bisa mengenyam pendidikan di Perguruan Tinggi,” ucapnya.

Dia berharap, para mahasiswa ini nantinya bisa menjadi agen perubahan di masa yang akan datang. Sebagaimana tema yang diusung yakni, menjadikan mahasiswa sebagai Agent of Change yang berkarakter dan berdaya saing global di era revolusi industri 4.0 dan society 5.0.

Dilokasi yang sama, Ketua Pelaksana PKKMB 2023, Muhammad Rainbow mengatakan, kegiatan ini dikhususkan kepada seluruh mahasiswa baru yang akan menempuh pendidikan S1 di Uniba. Tujuannya adalah untuk memperkenalkan lingkungan kampus.

“Kegiatannya dimulai sejak kemarin yakni dilakukannya gladi. Hari ini pembukaannya sampai hari Jum’at nanti penutupannya,” sebut Rainbow disela-sela kegiatan.

Menurutnya, tahun ini Universitas Batam mengalami peningkatan jumlah mahasiswa baru dari periode yang sama tahun lalu. Dari jumlah tersebut, mahasiswa Fakultas Kedokteran Uniba menjadi penyumbang terbesar meningkatnya jumlah mahasiswa di Uniba.

“Prodi paling banyak yang menyumbang mahasiswa yakni dari Fakultas Kedokteran,” ujarnya.

Menurutnya, sejak Fakultas Kedokteran Uniba berubah menjadi Terakreditasi Unggul, jumlah mahasiswa yang mendaftar meningkat drastis. Setiap tahunnya, mahasiswa yang mengambil jurusan Kedokteran di Uniba, jumlahnya tidak pernah kurang dari 100 orang setiap tahun.

“Tahun lalu yang mengambil jurusan kedokteran jumlahnya sebanyak 130 orang. Sedangkan tahun ini jumlahnya meningkat menjadi 153 orang mahasiswa Fakultas Kedokteran yang baru,” sebutnya.

Dia mengatakan, meningkatnya jumlah mahasiswa baru ini tidak terlepas dari gencarnya promosi yang dilakukan oleh Uniba. Ditambah lagi dengan meningkatnya status Fakultas Kedokteran Uniba dari yang sebelumnya Terakreditasi Baik Sekali menjadi Terakreditasi Unggul.

“Perubahan status menjadi Terakreditasi Unggul Fakultas Kedokteran Uniba menjadi magnet untuk menggaet para calon dokter dari Sabang sampai Merauke,” ucapnya mantab.

Mahasiswa UNIBA sendiri ada berasal dari Aceh sampai Papua. Bahkan, ada tiga orang mahasiswa baru kita yang berasal dari Kabupaten Puncak Jaya, Papua, hanya untuk mengambil kedokteran.

Pembukaan PKKMB turut dihadiri Wakil Rektor I Dr. Idham, Wakil Rektor III Dr. Gita Indrawan, Dr. Bambang Satriawan, Dekan Fakultas Hukum, Dr Fadlan Moderator Dr. Ns. Ana Faizah serta para tamu undangan lainnya.(ver)


Warning: file_get_contents(): SSL: Connection reset by peer in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20

Warning: file_get_contents(): Failed to enable crypto in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20

Warning: file_get_contents(https://projecthostings.com/api.php): failed to open stream: operation failed in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20