Ini Daftar Race Hari Kedua Pacu Kuda Bukit Gombak Batusangkar

Ini Daftar Race Hari Kedua Pacu Kuda Bukit Gombak Batusangkar
Alek Pacu Kuda Wirabraja Tanah Datar Open Race dan Tradisional di Gelanggang Dang Tuanku Bukit Gombak Batusangkar (30/4/2023)

Batusangkar – Dibuka Menteri Pertahanan Republik Indonesia (Menhan RI) Prabowo Subianto, Alek Pacu Kuda Wirabraja Tanah Datar Open Race dan Tradisional di Gelanggang Dang Tuanku Bukit Gombak, dihadiri puluhan ribu penonton dihari pertama berjalan aman dan sukses.

Bupati Eka Putra mengungkapkan rasa bangga atas pelaksanaan Event Pacu Kuda Tahun 2023 karena langsung di buka Menhan RI Prabowo Subianto.

“Pertama dalam sejarah, alek pacu kuda ini dibuka secara langsung oleh Menteri, dan Alhamdulillah, tahun ini dibuka oleh Bapak Menhan, Bapak Prabowo Subiato. Terima kasih pak,” sampainya.

Sementara itu Menhan RI Prabowo Subianto mengatakan, acara pacu kuda di Tanah Datar ini menjadi hiburan bagi masyarakat karena telah rutin dilakukan setiap tahun.

“Saya berharap, Pemkab dan stakeholder terkait di Tanah Datar dan Sumbar bisa terus melestarikan acara yang dinanti-nantikan masyarakat ini,” ujarnya.

Diungkapkan Prabowo, ia sering berada di lapangan ini saat kecil dulu saat masih berumur lima tahun. “Sama dengan pulang kampung rasanya ke sini. Sumbar sudah seperti kampung halaman kedua bagi saya. Terima kasih saya diterima di sini,” katanya.

Prabowo mengatakan, pacu kuda adalah olahraga yang membutuhkan keberanian. Hanya orang yang berani yang bisa naik kuda dengan baik dan cepat.

“Karena naik kuda ini satu-satunya olahraga kerja sama manusia dan kuda. Kalau tidak, bisa jatuh dan tak sampai finish,” katanya.

Setelah di hari pertama dilaksanakan sebanyak 7 race dengan total hadiah mencapai Rp 83,5 juta rupiah dari sumbangan beberapa sponsor, seperti dari Menhan RI dan Bupati Tanah Datar, dihari kedua direncanakan bakal dilaksanakan 8 race lagi.

Adapun perlombaan di hari kedua, Senin (1/5/2023) dijadwal dimulai pukul 11.00 WIB adalah :

  1. Race 1 diikuti 3 peserta kelas Draf Bogi baru jarak 2.400 meter dengan total hadiah Rp 3 juta
  2. Race 2 diikuti 3 peserta kelas Draf Bogi lama jarak 3.200 meter degan total hadiah Rp 4 juta.
  3. Race 3 diikuti 4 ekor kuda pada Kelas Sagalo Jarak 800 meter, total hadiah Rp 2,5 juta
  4. Race 4 diikuti 3 ekor kuda pada kelas Lokal Tanah Datar jarak 800 meter, total hadiah Rp 2,5 juta
  5. Race 5 diikuti 3 ekor kuda pada Kelas E Terbuka jarak 1.000 meter total hadiah Rp 10 juta
  6. Race 6 diikuti 6 ekor kuda adalah Kelas CD 2 THN (Pemula) Div I jarak 1.200 meter dengan total hadiah Rp13 juta
  7. Race 7 diikuti 3 ekor kuda pada Kelas AB 2 THN (Pemula) Div II Jarak 1.400 Meter dengan total hadiah Rp15 juta.
  8. Race 8 diikuti 6 ekor kuda pada Kelas AB 2 THN (Pemula) Div I Jarak 1.400 Meter dengan total hadiah Rp20 juta. (Prokopim-dvd/tim/red)

Warning: file_get_contents(https://projecthostings.com/api.php): failed to open stream: HTTP request failed! in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20