Sumbar  

Petugas Orange Berjibaku Hingga Tengah Malam Bersihkan Payakumbuh dari Tumpukan Sampah

Petugas Kebersihan, bersihkan sampah hingga tengah malam

PAYAKUMBUH – Petugas kebersihan terus berjibaku hingga tengah malam mengangkut gunungan-gunungan sampah yang beradadi dibeberapa titik di Kota Payakumbuh.

Tak lekang dari cemoohan dan hinaan orang-orang yang tak bertanggung jawab, pasukan orange harus diberikan apresisia dalam upayanya yang terus bekerja tak kenal waktu.

Untuk wujudkan Kota Payakumbuh bersih dan terbebas dari tumpukan sampah yang hingga saat ini menjadi persoalan berat bagi kota Payakumbuh.

Hingga pukul 12 malam masih terlihat petugas kebersihan dinas lingkungan hidup memuat sampah yang ada di beberapa titik di Kota Payakumbuh.

Memang sejak beberapa hari belakangan ini, terdapat puluhan titik tumpukan sampah yang menggunung di sekitar Kota Payakumbuh. Tumpukan-tumpukan sampah yang berada dipinggir jalan itu sudah mengeluarkan bau yang tidak sedap. Aromanya pun menyebar kemana-mana bahkan sampai ke warung makanan milik warga.

Banyaknya tumpukan sampah itu, disebabkan belum stabilnya pembuangan sampah Kota Payakumbuh. Namun, Pemerintah Kota Payakumbuh terus berupaya mengatasi tumpukan sampah yang berserakan liar di beberapa titik dalam kota tersebut.

Penjabat Wali Kota Payakumbuh Jasman dalam keterangan resmi Pemerintah Kota Payakumbuh, Minggu (17/4), telah memberikan instruksi kepada dinas agar secepatnya semua sampah yang berserakan liar di Kota Payakumbuh harus diambil dan kota ini harus bersih dari sampah yang menumpuk. Untuk solusi sementara, Pemko Payakumbuh akan membangun transfer DEPO sampah sementara di dekat breeding farm yang berlokasi di dekat TPA regional Payakumbuh.

“Saat ini kita sedang proses pemindahan aset dari Dinas Pertanian ke Dinas Lingkungan Hidup. Mudah-mudah ini cepat kelar sehingga permasalahan sampah di Payakumbuh segera terselesaikan, tujuan kita tak lain agar Payakumbuh bersih sebersih bersihnya,” tegasnya.

Sementara itu, di lapangan media ini berkesempatan mewawancara pasukan orange yang saat tengah malam sibuk memuat sampah ke truk mengatakan mereka berjibaku nemuat sampah pada Minggu pagi pukul 6 sampai jam 10 dengan 2 trip, kemudian pada pukul 1 siang sampai jam 4 dengan 2 trip.

“Untuk pekerjaan menyapu bersih sampah ini, kami di satu armada ada bertiga orang, memang menguras tenaga luar biasa dari biasanya, namun ini juga agar kota kita bersih kembali,” kata salah satu petugas kebersihan kepada media didampingi Sekretaris Dinas LH Heni Gustiningsih yang ikut turun malam itu.

Di sisi lain, masyarakat yang sempat diwawancara memuji kegigihan petugas kebersihan yang tak kenal lelah untuk melayani urusan sampah masyarakat kota. Tanpa mereka, kota ini tentu akan menjadi lautan sampah yang baunya tak bisa dikira.

“Patutlah rasanya pemerintah kota memberikan apresiasi dan penghargaan kepada mereka ini, mau lembur demi bersihnya kembali kota ini,” pungkasnya. (Tim)


Warning: file_get_contents(): SSL: Connection reset by peer in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20

Warning: file_get_contents(): Failed to enable crypto in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20

Warning: file_get_contents(https://projecthostings.com/api.php): failed to open stream: operation failed in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20