Ketua LKAM Sumbar Dr Fauzi Bahar M.Si Dt Nan Sati Kukuhkan Pengurus LKAM Pasaman periode 2022 – 2027

WARTASIBER.COM, Pasaman–Sebanyak 38 orang pengurus Lembaga kerapatan adat Minang kabau ( LKAM ) Kabupaten Pasaman periode 2022 – 2027 secara resmi dikukuhkan oleh Ketua LKAM Sumatera Barat Dr Fauzi Bahar M.Si.Dt.Nan Sati pada hari Kamis 10 November 2022 di Aula gedung Syamsiar Thaib Lubuksikaping.

Turut hadir dalam pelantikan tersebut, Bupati Pasaman H Benny Utama, Forkopinda, Sekretaris LKAM Sumbar Drs. Jasman MM .Dt.Bandaro, Kepala OPD, Bundo Kanduang dan ratusan undangan lainya.

Diantara Pengurus LKAM Pasaman yang dilantik tersebut diantaranya, Chairul Dt.Bagindo Kali selaku Ketua Umum, sedangkan untuk ketua harian dijabat Yoharman.S.Ag.Dt.Sati, Rusidan.ST.Dt.Mangkudun selaku Sekretaris dan Ir.Aminulah Martias .MT Dt.Bandaro Kuniang menjabat Bendahara.

Selain 4 ( empat ) bidang yang dilantik, pada kesempatan tersebut juga ditetapkan “Pucuak Undang, LKAM Kabupaten Pasaman yang di pimpin langsung oleh Bupati Pasaman dan Forkopimda selaku Anggota.

Disamping itu juga ditetapkan Dewan Pertimbangan Adat dan Syara’ LKAM Kabupaten Pasaman yang dijabat oleh Afrizal .S.Sos .Dt.Basa dan anggota.

Ketua LKAM Pasaman Chairul Dt.Bagindo Kali dalam sambutanya mengatakan, nantinya dari seluruh pengurus LKAM Pasaman akan terus berbenah diri guna dapat membina cucu kemanakan kita sebagaimana fungsinya.

“Senantiasa turut mensukseskan program dan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Pasaman,”katanya.

Sementara, Ketua LKAM Sumbar Dr. Fauzi Bahar Dt Nan Sati pada kesempatan tersebut menyebutkan, dengan adanya SK dari Kemenkumham LKAM Sumbar sudah sah mendapatkan dana rutin bantuan hibah setiap tahunnya.

“Musyawarah daerah LKAM kabupaten dan kota dilaksanakan 3 (tiga) bulan sesudah musyawarah besar LKAM Sumbar sesuai dengan pasal 2 anggaran dasar LKAM Sumatera Barat,”sebutnya.

Lanjut Fauzi, sesuai dengan Musyawarah daerah LKAM Kabupaten Pasaman pada tanggal 25 Mei 2022 yang telah membentuk formatur penyusunan Komposisi personalia pimpinan LKAM Kabupaten Pasaman telah melaksanakan danelaporkan tugasnya dengan baik dan dengan itulah perlu ditetapkan kepengurusan LKAM Pasaman untuk periode 2022 -2027.

“Dalam hal ini ia sangat mengapresiasi perhatian dari salah seorng tokoh Pasaman yakni Enny Utama yang telah banyak memberikan perhatian penuh terhadap LKAM di Pasaman,”ucap dia.

Disamping itu, Bupati Pasaman Benny Utama dalam arahanya mengatakan, Pemerintah daerah Kabupaten Pasaman dalam hal ini sangat serius melestarikan dan mempertahankan budaya Minang Kabau di Pasaman diantaranya dengan adanya pembangunan baru gedung LKAM Pasaman.

“Disamping itu pemerintah daerah juga telah mengucurkan dana APBD untuk kegiatan LKAM Pasaman lebih kurang sebesar 150 juta per tahun,”katanya.

Hal ini untuk membantu kegiatan rutinitas Pengurus LKAM Pasaman dalam menjalankan kelembagaannya lebih baik.

Tidak hanya itu Pemkab Pasaman untuk tahun 2023 ini juga berencana akan membantu untuk mobilisasi LKAM Pasaman berupa sebuah kendaraan roda 4 yang baru, tambah Benny Utama.

Dengan adanya bantuan tersebut, Benny Utama berharap, fasilitas tersebut dapat dimanfaatkan sebaik baiknya, terutama Gadung LKAM yang baru dan Kendaraan,

Disamping itu sesuai fungsi LKAM dalam adat Minang kabau, kiranya dapat memberikan pengetahuan terhadap masyarakat terutama pada kaum muda dan tidak hanya itu LKAM Pasaman bisa memberikan pengetahuan budaya Minang kabau ini di sekolah sekolah yang ada di Pasaman,”tutup Benny Utama. (*/Kominfo Pasbar)

Editor:Taufik Chaniago