Jelang Distribusi Logistik Pemilu, Pemkab Meranti Pastikan Situasi Aman dan Kondusif

PEKANBARU – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kepulauan Meranti memastikan situas di wilayahnya aman dan kondusif menjelang distribusi logistik Pemilu 2024 mendatang.

Hal itu disampaikan Pelaksana tugas (Plt) Bupati Kepulauan Meranti melalui Plt Asisten I Setda Kepulauan Meranti Muhammad Mahdi saat menghadiri rapat koordinasi persiapan distribusi logistik Pemilu Tahun 2024 di Provinsi Riau, bertempat di Gedung Daerah Balai Serindit Pekanbaru, Rabu, (6/2/2024).

“Alhamdulillah, sejauh ini seluruh tahapan Pemilu di Kabupaten Kepulauan Meranti berjalan lancar, sedangkan situasi keamanan di tengah-tengah masyarakat juga cukup kondusif,” kata Mahdi.

Dijelaskannya, berdasarkan informasi dari KPU ada 677 Tempat Pemungutan Suara (TPS) yang tersebar di sembilan kecamatan di Kepulauan Meranti, dengan Daftar Pemilih tetap (DPT) sebanyak 151.753 orang.

“Pemkab Kepulauan Meranti komitmen bersama penyelenggara Pemilu dan jajaran TNI/Polri untuk menyukseskan pelaksanaan Pemilu 2024,” tegasnya.

Rakor itu dipimpin langsung oleh Gubernur Riau Brigjen TNI (Purn) H. Edy Natar Nasution dan dihadiri unsur pimpinan Forkopimda Provinsi Riau, jajaran KPU dan Bawaslu Provinsi Riau dan kabupaten/kota. Hadir juga bupati dan walikota se-Provinsi Riau serta unsur terkait lainnya.

Gubernur Edy Natar mengatakan rakor itu bertujuan untuk memastikan pelaksanaan Pemilu berjalan dengan lancar. Dia juga mengimbau seluruh masyarakat di Provinsi Riau untuk menggunakan hak suaranya pada Pemilu, Rabu (14/2/2024) mendatang.

“Kepada seluruh masyarakat Provinsi Riau, saya berharap dapat menggunakan hak suaranya pada Pemilu nantinya, jangan golput,” ujar Edy Natar.

Kemudian Gubri juga mengajak semua pemangku kepentingan dapat bersama-sama untuk memasyarakatkan demokrasi secara damai.

“Kita tidak ingin pesta demokrasi diwarnai dengan kebencian ataupun berita-berita bohong. Pemilu harus dilaksanakan secara jujur, adil, aman, lancar, dan damai,” tegasnya.

Sementara itu, Ketua KPU Riau Ilham Muhammad Yasir menjelaskan pendistribusian logistik Pemilu dari KPU kabupaten/kota ke PPK se-Provinsi Riau sudah dimulai dari tanggal 6 sampai dengan 12 Februari mendatang.

“Untuk pendistribusian logistik sudah dimulai tanggal 6 Februari 2024 untuk dua Kabupaten yakni Kabupaten Bengkalis dan Kabupaten Indragiri Hilir,. Sedangkan untuk kabupaten/kota lainnya dimulai besok tgl 7 sampai dengan 12 Februari 2024, menyesuaikan dengan kondisi,” sebutnya.

Ikut hadir bersama Plt Asisten I, Kapolres Kepulauan Meranti AKBP Kurnia Setyawan, Ketua KPU Kepulauan Meranti Abu Hamid, dan Ketua Bawaslu Kepulauan Meranti Syamsurizal. Turut juga Kadis Perhubungan Agusyanto Bakar, Kakan Kesbangpol Wan Zul, dan Kepala KSOP Kelas IV Selat Panjang Capt. Leonard. (*)