Sumbar  

Penilaian KAN Berprestasi Tingkat Provinsi Sumbar, Sabar AS : KAN Simpang Kabupaten Pasaman Layak Terbaik di Sumbar

WARTASIBER.COM, Pasaman— Wakil bupati Pasaman, Sabar AS menyambut baik atas kedatangan tim penilai Kerapatan Adat Nagari (KAN) Tingkat
Provinsi Sumatra Barat di nagari Simpang di halaman kantor KAN Simpang, Senin (11/8/2023).

Sabar AS menyampaikan bahwa kehadiran tim penilai KAN berprestasi ini merupakan momen bagi Pemkab Pasaman untuk selalu meningkatkan peran KAN dalam kehidupan masyarkat di Pasaman. “Kehadiran Tim ini tidak hanya sekedar penilaian, melainkan pembinaan untuk peningkatan peranserta KAN dalam kehidupan bernagari,”ungkap Sabar AS.

“Tentu kita berharap dengan momentum penilaian ini bisa menjadi yang terbaik.” KAN Simpang Layak Terbaik di Sumbar,”harap Sabar AS.

Dengan fakta dan ekesisting yang ada, isnyaallah KAN nagari Simpang akan bisa mendapat rengking terbaik di Sumatra Barat. Tambah SabarAS.

Sabar AS menambahkan Kerapatan adat nagari adalah kerapatan bagi niniak mamak, secara turun temurun. Secara kemitraan akan memberikan sumbangsih kepada nagari dalam rangka pelestarian adat dan budaya di nagari.

“Kita berharap dengan penilaian KAN nagari Simpang, menjadi sebuah awal kemajuan yang posotif untuk KAN Simpang kedepan,”tambah Sabar.

Secara serius Kepemimpinan Benny Utama-Sabar AS sudah menjadi pengembangan dan pelestarian budaya dan adat istiadat sudah menjadi prioritas.

“Salah satu dari misinya yakni Meningkatkan Iman dan Taqwa dan peningkatan peran lembaga adat, dengan program prirotas yang salah satunya adalah “Pasaman berbudaya”ungkapnya.

Hal itu bukti nyata dukungan Pemkab Pasaman terhadap penguatan terhadap keberadaan budaya, adat istiadat dan kesenian lokal dimasa yang akan datang.
KAN masuk sekolah, pemangku adat sebagai Nara sumber di sekolah dalam pelestarian nilai adat budaya. Kesenian tradisional. Urai Sabar AS.

Sabar AS menambahkan Nagari simpang menjadi inspirasi sebagai wadah pengayoman cucu kemanakan dalam percepatan pembangunan sektor kebudayaan.

Kepada OPD terkait dan pihak terkait agar memberikan pendampingan kepada KAN untuk menjadi yang terbaik. Himbau Sabar AS.

“Buruang banamo buruang Alang
Hinggo dirantiang dalu-dalu
Lah acok bana kami batandiang
Kini baharok nomor satu. Tutup Sabar AS.
Disisi lain, tim provinsi menyampaikan bahwa aspek yang dinilai adalah aspek kelembagaan, lembaga adat, aspek kompetensi (Limbago adat, tupoksi niniak mamak, sejauh mana adat salingka nagari sekaligus peningkatan SDM).

Kerjasama antar lembaga. aspek penyelesaian Sako Jo pasako. Sudah seberapa kasus-kasus yang diselesaikan.(*/r)

Kiriman: Taufik Chaniago

Bot Verification

Verifying that you are not a robot...