Pemko Payakumbuh Gelar Rapat Evaluasi Penanggulangan Sampah

pemko payakumbuh gelar rapat evaluasi penanggulangan sampah

WARTASIBER.COM, PAYAKUMBUH – Persoalan sampah menjadi perhatian khusus pemerintah kota Payakumbuh, pasca longsornya TPA Regional yang terjadi beberapa waktu yang lalu, hal ini mengakibatkan penumpukan sampah di tempat-tempat penampungan sampah sementara di Kota Payakumbuh.

Menyikapi hal ini Pemerintah Kota Payakumbuh menindaklanjuti soal sampah dengan langkah-langkah tanggap darurat yang telah dilakukan pasca longsornya TPA Regional Payakumbuh.

Pemerintah Kota Payakumbuh menunjukan keseriusan dalam penangan sampah ini, hal ini ditunjukan dengan digelarnya rapat evaluasi penanganan sampah di Aula Ngalau Lt.3 Balai Kota Payakumbuh, pada selasa (23/01/2024).

Sebagaimana yang disampaikan Pj Walikota Payakumbuh Jasman saat mengawali rapat evaluasi, Jasman mengatakan kondisi saat ini dalam masa tenggat waktu yang diberikan oleh DLH Kota Padang untuk menampung sampah dari Kota Payakumbuh. Di TPA Air Dingin tenggat waktu itu pun kian dekat, lebih kurang sekitar 30 hari lagi.

Jasman juga menyebutkan bahwa tenggat waktu ini harus menjadi perhatian seirus dan mengharuskan Kota Payakumbuh memilii manajemen pengangkutan sampah baru yang lebih efektif dan berdaya guna.

Langkah-langkah strategis dan kongkrit menjadi upaya yang harus di lakuan saat ini, mengingat kondisi sampah yang sangat meresahkan masyarakat Kota Payakumbuh.

Jasman juga menyampaikan bahwa harus terus berusaha mencari solusi untuk permasalah sampah ini. Kreatifitas dari lurah dan camat untuk membuat lubang kompos di kelurahan dan kecamatan masing-masing juga sangat di harapkan.

Harapannya upaya ini dapat menjadi contoh bagi masyarakat sekitar sekaligus mengurangi kuantitas sampah yang menumpuk dari kelurahan dan kecamatan.

“Lalu yang tidak kalah penting, setiap sekolah di Kota Payakumbuh harus memiliki program komposting. Tidak hanya sebatas memiliki tempat sampah, namun juga mengolah sampah,” tegasnya.

“Begitu pula dengan cafe, restoran, dan rumah makan yang ada di Payakumbuh, pemilik usaha diharapkan dapat memilah sampah secara mandiri sebelum diantar ke depo sampah atau mengolah sampah dengan metode komposting,” sambungnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jasman juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran di Pemko Payakumbuh yang telah bekerja siang dan malam untuk menangani permasalahan sampah.

“Ini adalah bagian dari pengabdian kita kepada masyarakat. Semoga lelah yang bapak dan ibu rasakan, mendapat ganjaran yang baik pula dari Allah,” pungkasnya

Turut hadir dalam kesempatan tersebut Sekretaris Daerah Rida Ananda, Asisten I Dafrul Pasi, Asisten II Elzadaswarman, Asisten III Ifon Satria Chan, OPD terkait, Camat dan Lurah se-Kota Payakumbuh. (Humas)