Inspeksi Mendadak, Pj Walikota Cek Pengelolaan Sampah di Kantor Camat dan SMP

Pj Walikota Payakumbuh Jasman Inspeksi mendadak ke kantor camat payakumbuh timur dan smp 1 dalam pengelolaan sampah dan pilah sampah
Pj Walikota Payakumbuh Jasman Inspeksi mendadak ke kantor camat payakumbuh timur dan SMPN 1 | Foto : Nofri / Humas Pemko Payakumbuh

WARTASIBER.COM, PAYAKUMBUH – Persoalan sampah menjadi masalah serius bagi pemerintah dan masyarakat Kota Payakumbuh, terlebih lagi tempat pembuangan akhir sampah mengalami masalah berat akibat terjadi longsor.

Untuk saat ini Pemerintah Kota Payakumbuh sedang berupaya sebaik mungkin untuk menyelesaikan persoalan sampah yang terjadi di Kota Payakumbuh.

Dengan melakukan beberapa langkah strategis dan juga mencari solusi terbaik termasuk pembukaan tempat pembuangan akhir sampah yang hingga kini dalam tahap pertimbangan mengingat dampak lingkungan yang besar setelahnya, jika salah dalam memutuskan lokasi.

Oleh sebabnya Pj. Walikota Jasman dan segenap jajarannya terus berupaya keras untuk dapat menanggulangi persoalan-persoalan sampah yang menjadi PR besar bagi pemerintah.

Salah satu upaya yang dapat dilakukan sementara waktu ini Pemerintah mengintruksi kepada badan usaha, kantor, dan fasilitas umum lainnya, serta warga masyarakat untuk dapat memilah sampah secara baik, sehingga dapat di kelola atau di daur ulang kembali.

Untuk memastikan hal ini berjalan baik Pj. Wali Kota Payakumbuh Jasman inspeksi mendadak ke Dinas Pertanian, Kantor Camat Payakumbuh Timur dan SMP Negeri 1 Payakumbuh, Selasa (23/01/2024).

“Kita ingin memastikan sampah-sampah yang dihasilkan dari masing-masing OPD dan sekolah telah terpilah, serta pelayan kepada masyarakat berjalan dengan baik,” kata Pj. Wako Jasman.

“Alhamdulillah, dari hasil kunjungan kita tadi semuanya telah berjalan dengan baik dan terus ditingkatkan,” tambahnya lagi.

Jasman menyebut, izin membuang sampah ke TPA Aia Dingin Padang hanya tinggal beberapa hari lagi. Ia meminta jajarannya untuk terus mensosialisasikan kepada masyarakat untuk memilah sampah rumah tangga sebelum dibuang ke tempat sampah.

“Kita akan terus mencarikan solusi terkait sampah ini, sebagai ASN tentu kita harus bisa menjadi contoh bagi masyarakat bagaima memilah dan mengolah sampah ini,” ucapnya.

“Seperti halnya di SMP 1 Payakumbuh, disini sekolah telah memilah dan mengolah sampah menjadi kompos secara mandiri. Harapannya semua akan seperti ini sampai ke masyarakat kita,” harapnya.

Sementara itu Kepala SMP Negeri 1 Payakumbuh Syafrida mengatakan, sesuai arahan Pj. Wali Kota Payakumbuh, pihaknya telah melakukan pengolahan sampah secara mandiri di lingkungan sekolah.

“Kita telah lakukan pemilahan sampah dan telah membuat 2 buah tempat komposter dalam bentuk lobang di tanah dan 3 buah tong komposter. Alhamdulillah semua berjalan dengan baik,” tuturnya.

“Kami juga mengucapkan terimakasih atas masukan dan arahan dari Pak Wali Kota, kita akan terus memberikan yang terbaik untuk kenyamanan anak-anak kita belajar untuk prestasi yang lebih baik,” pungkasnya. (Humas)