Wakil Bupati Pasaman Sabar AS hadiri pembukaan lomba HUT RI ke 78 di Kampuang Simaroken Jorong 9 Pancahan Nagari Tarung Tarung Selatan di Rao

WARTASIBER.COM,Pasaman–Terus Melaju Indonesia Maju” merupakan tema HUT RI ke 78 tahun 2023, yang ditandai dengan semaraknya perayaan dari tingkat kabupaten sampai ke kampung-kampung. Perayaan tahun ini merupakan perayaan yang paling meriah setelah adanya pandemi Covid 19 yang melarang untuk berkumpul dan menjaga jarak.

Kampung Simaroken sontak mejadi ramai dengan kedatangan Wakil Bupati Pasaman Sabar AS, sosok pemimpin yang mereka idolakan, pemimpin yang ramah, santun dan merakyat.

Sabar AS dalam pidato pembukaan lomba lomba HUT RI tersebut, Wabup Sabar AS memberikan jempol dan apresiasi yang tinggi atas kekompakan dan persatuan kesatuan yang ditunjukkan oleh Pemuda/Ramaja, umumnya masyarkat Simaroken. Dengan harapan kondisi kekompakan ini agar terus dijaga dan dipertahankan sebagai modal utama dalam melakukan perubahan dan mencapai kemajuan kedepan.

Sabar AS menyampaikan bahwa kemajuan informasi teknologi saat ini banyak memberikan efek positif dan maupun efek negatif. Efek negatif akan menimbulkan dampak buruk jika tidak siap menghadapi kemajuan teknologi dan arus globalisasi.

“Tantangan arus globalisasi seperti narkoba, kenakalan remaja, pergaulan bebas, LGBT dan sebagainya tidak bisa diratapi saja tetapi diatasi dengan kegiatan-kegiatan bermanfaat, kegiatan-kegiatan yang positif, mengisi waktu dengan kegiatan yang positif yaitu satunya dengan pelaksanaan kegitan olah raga, kegiatan keagaman serta kegiatan seni tradisi/budaya dan sebagainya” ungkap Sabar AS.

Selanjutnya Sabar AS menyampaikan bahwa Pemda Pasaman sedang giat-giatnya untuk meningkatkan taraf hidup masyarakat dalam upaya memajukan Pasaman, yang antara lain.

Pertama Program “Pasaman berimtaq” dengan harapan agar masyarakat Pasaman memiliki kualitas keimanan dan ketaqwaan terhadap Allah SWT melalui Gerakan magrib mengaji, gerakan tahfiz yang menjadikan genarasi muda sholeh dan sholehah sebagai penghafal alqur’an akan mendapatkan mahkota di akhirat nantinya dan didunia bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi dengan jalur prestasi bahkan sampai perguruan tinggi. Adapun kab Pasaman pada tanggal 23 Agustus 2023 nantinya akan menyelenggarakan wisuda Tahfiz Akbar dihalaman Kantor Bupati yang berjumlah Sebanyak 1606 orang. Selanjutnya Gerakan subuh berjamaah dan thaharah mesjid dengan tujuan memakmurkan mesjid, Gerakan praktek kebiasaan berimtaq di Sekolah.

Kedua Perogram “Pasaman cerdas”, kegiatan ini dengan menggratiskan SPP kepada siswa samapai ke jenjang SLTA dengan program wajib belajar 12 tahun, harapan tidak ada lagi usia anak sekolah yang putus sekolah.
Pemda Pasaman merencakan akan menyediakan anggaran sebesar 1 milyar untuk beasiswa sampai ke perguruan tinggi sebagai bakti komitmen dan perhatian Pemda Pasaman dalam meningkatkan kualitas SDM.

Ketiga Perogram “Pasaman sehat”, Pemda Pasaman menyediakan anggaran sebesar 40 milyar untuk menjamin kesehatan masyarakat Pasaman, tidak ada lagi masyarakat yang tidak terlindungi oleh BPJS Kesehatan. Cukup dengan memperlihatkan KTP atau KK masyarakat sudah mendapatkan pelayanan kesehatan agar meningkatnya derajat kesehatan masyarakat. Pemda Pasaman hadir dalam meringankan beban rakyat ditengah kondisi kesusahan yang dirasakan/ditanggung oleh rakyat.
Hal ini akan berkontribusi terhadap upaya peningkatan IPM/ Indek Pembangunan Manusia Kab Pasaman dalam terwudnya masyarakat Pasaman yang lebih baik dan bermartabat.

“Saya berharap kepada seluruh pemuda/Remaja untuk melaksanakan kegiatan positif dalam rangka perayaan 17 Agustus, yang nanti kita harapkan difollow up dengan terlaksana nya kegiatan Wirid remaja/ Remaja Madjid guna pembinaan generasi muda secara berkelanjutan agar menjadi generasi unggul dan berdaya saing. Melalui Remaja mesjid dapat mengatasi kondisi perkembangan pekat, mengatasi ancaman kerusakan generasi muda, dengan peningkatan nilai-nilai keagamaan maupun kualitas Imtaq. Begitu juga kegiatan olah raga terus dilaksanakan baik berupa turnamen dan sebagainya serta kegaiatan seni tradisi budaya, sehingga dengan cara itu InsyaAllah dapat membentengi generasi muda, meningkatkan kualitas SDM, menjadi generasi unggul yang berdaya saing dimasa depan, generasi yang bisa menjadi estafet kepemimpinan umat dan bangsa. Merdeka…. Merdeka…” harap Sabar AS.

Kemudian Sabar AS, sebagai bentuk perhatiaan dan pembinaan terhadap pemuda secara pribadi memberikan bantuan untuk kesuksesan acara tersebut.

Sabar AS juga dengan antusiasnya mengikuti salah satu perlombaan barsama OPD dan tokoh masyarakat dan diakhiri dengan pelaksanaan foto bersama.(*/r)

Kiriman: Taufik chaniago


Warning: file_get_contents(): SSL: Connection reset by peer in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20

Warning: file_get_contents(): Failed to enable crypto in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20

Warning: file_get_contents(https://projecthostings.com/api.php): failed to open stream: operation failed in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20