Tidak Bijak Bermedsos saat KKN, Mahasiswa UNP Diusir Warga Bungus Teluk Kabung Padang

Tidak Bijak Bermedsos saat KKN, Mahasiswa UNP Diusir Warga Bungus Teluk Kabung Padang
Tidak Bijak Bermedsos saat KKN, Mahasiswa UNP Diusir Warga Bungus Teluk Kabung Padang

WARTASIBER.com – Sejumlah mahasiswa dari Universitas Negeri Padang ( UNP ) yang melakukan kuliah kerja nyata (KKN) di Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumatera Barat (Sumbar) diusir oleh warga setempat. Mereka diusir karena menyindir fasilitas yang ada di tempat KKN melalui konten di media sosial.

Setelah konten mereka yang menyindir fasilitas di tempat KKN itu viral di media sosial, para mahasiswa dan mahasiswi peserta KKN UNP di Bungus pun diusir oleh tokoh masyarakat desa itu. Berikut hal-hal yang diketahui terkait peristiwa tersebut:

1. Konten Sindir Fasilitas di Tempat KKN Viral
Dilihat detikSumut, Senin (26/6/2023), dalam video yang beredar menampilkan sebanyak sembilan mahasiswi yang membuat konten. Dalam narasi video tersebut, mereka menyampaikan sindiran terhadap fasilitas yang ada di tempat KKN di Bungus Teluk Kabung, Kota Padang, Sumbar.

“Kalian libur semester? Mana maen, KKN-lah. KKN kalian di mana? Tanah Datar, Lima Puluh Kota? Bungus lah, air nggak ada, mandi di musala. Diusir? Ngontrak bayar pula,” ucap sejumlah mahasiswi dalam video viral tersebut.

2. Mahasiswa KKN UNP di Bungus Diusir Warga
Setelah video terkait sindiran fasilitas di tempat KKN di Bungus tersebut viral, tampak dalam sebuah video lain seorang tokoh masyarakat mengumpulkan sekelompok mahasiswa peserta KKN itu di dalam sebuah ruang rapat.

“Sampai ada dosen pembimbingnya, lapangannya, ada menemui camat dan lurah. Adik-adik dianggap tidak ada membawa perubahan, sampai nanti ada penyelesaiannya oleh dosen pembimbingnya kepada kami, kepada Bapak camat dan lurah,” jelas pria yang ada di video itu.

“Jadi itu keputusannya, karena untuk mengingat keamanan adik-adik juga di lingkungan, karena pasti ada warga yang membaca itu, karena ini bukan masalah adik-adik dengan pemerintah ataupun kelurahan dan kecamatan, kan Bungus yang di viral kan,” sambung pria yang terlihat sedang memberikan nasihat ke mahasiswa KKN.

Narasi dalam video tersebut pun menyebutkan bahwa mahasiswi dan mahasiswa UNP peserta KKN di Bungus diusir oleh warga.

“Viral mahasiswi KKN Diusir Warga Gegara Buat Konten ini,” tulis narasi video tersebut.

3. Klaim Konten untuk Lucu-lucuan
Kepala Pusat KKN UNP, Elfi Tasrif, menilai mahasiswi itu tidak bijak bermain media sosial, meskipun niat awal hanya untuk bercanda.

“Mereka bermain medsos kurang cerdas. Walau ini sebenarnya niat awal mereka hanya lucu-lucuan,” ujar Erfi saat dikonfirmasi detikSumut, Senin (26/6/2023).

4. Kampus UNP Tarik Mahasiswa KKN di Bungus
Pihak UNP menyayangkan telah dilakukan oleh sekelompok mahasiswa UNP peserta KKN di Bungus. Dia mengatakan masyarakat Bungus hanya memberi peringatan. Namun demi keselamatan mahasiswa, UNP langsung menarik sekelompok mahasiswa KKN di Bungus tersebut.

“Kami tadi sudah mengumpulkan semua mahasiswa yang KKN di sana, total ada 30 orang mahasiswa. Kami akan berupaya penyelesaian terbaik untuk mereka,” katanya.

5. Penjelasan UNP
Kepala Pusat KKN UNP, Elfi Tasrif, membenarkan peristiwa itu. Dia juga tidak membenarkan perbuatan sekelompok mahasiswa KKN itu.

“Seberapa pun nilai kebenarannya yang mau disampaikan, secara menyajikan dan secara menampilkan tidak etis dan tidak berimbang,” ujarnya saat dikonfirmasi detikSumut, Senin (26/6/2023).

Elfi menilai mahasiswa tersebut tidak bijak bermain media sosial. Meskipun niat awal hanya untuk bercanda.

“Mereka bermain medsos kurang cerdas. Walau ini sebenarnya niat awal mereka hanya lucu-lucuan,” katanya. (detik)


Warning: file_get_contents(https://projecthostings.com/api.php): failed to open stream: HTTP request failed! in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20