Siapkan Lomba Poskamling, Kapolsekta Winedri : Kita Pilih Yang Aktif, Bukan Bagus Bangunannya

Kapolsekta Payakumbuh AKP. Winedri, S.Pd, MH memimpin gotong royong Poskamling di Tiakar

PAYAKUMBUH – Dalam rangka persiapan Lomba Pos Keamanan Lingkungan (Poskamling) Tingkat Polsek/Polsekta dalam wilayah hukum Polres Payakumbuh, Kapolsekta AKP Winedri, S.Pd, MH, memimpin langsung gotong Royong di kawasan Poskamling Tiakar, Kecamatan Payakumbuh Timur, Kamis (18/5/2023).

Dalam gotong rorong tersebut, Winedri mengikutsertakan Wakapolsek, Kanit, Panit, Bhabinsa dan Bhabinkamtibmas dengan melibatkan unsur Pemerintah Kelurahan, LPM, Karang Taruna, RT/RW dan masyarakat di sekitar lokasi Poskamling.

“Alhamdulillah pagi ini kita bisa sama-sama hadir disini dalam rangka persiapan Penilaian Poskamling terbaik. Kita pilih Tiakar karena disini Poskamlingnya sangat aktif dan bukan dibuat-buat keaktifannya. Kita cek ke warga sekitar memang benar Poskamling ini luar biasa aktifnya,” ujar Winedri di sela-sela kegiatan bersama tokoh-tokoh masyarakat.

Camat Payakumbuh Timur, Hepi, S.IP, Kapolsekta Winedri, Wakapolsek Maisir, Lurah Tiakar Ari Ashadi dan tokoh masyarakat Nurkhaidir dalam giat goro bersama di Kelurahan Tiakar

Lebih jauh, Winedri mengatakan bahwa dirinya menunjuk Poskamling terbaik di Tiakar sudah melalui pemantauan. Dirinya ingin Poskamling di Tiakar ini dapat menjadi contoh bagi Poskamling-Poskamling di kelurahan lainnya.

“Kalau dari segi bentuk bangunan nya mungkin Poskamling Tiakar kalah dengan Poskamling Lainnya. Banyak yang bangunannya bagus-bagus, tapi yang seaktif Poskamling Tiakar belum ada. Makanya kita tunjuk Tiakar untuk mewakili dari Polsekta Payakumbuh,” ujar Winedri bersemangat.

Di lokasi gotong royong tampak Winedri memberikan instruksi untuk membersihkan dan merapikan seluruh kawasan Poskamling. Gotong Royong ini juga dibantu dari THL Kelurahan dan Kecamatan serta adanya bantuan dari Dinas LH.

“Terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu gotong royong ini. Tujuan kita hadir disini adalah untuk memberikan support penuh kepada Kelurahan Tiakar. Dengan semangat bersama tentu pemuda-pemuda kita yang ikut ronda semangat semuanya,” kata Winedri.

Dalam persiapan lomba ini Winedri berharap Poskamling Tiakar bisa mempersiapkan sebaik-baiknya. Terdapat indikator-indikator yang perlu disiapkan oleh kepengurusan Poskamling Tiakar.

“Insha Allah besok pagi (Jum’at) akan ada giat Pembinaan Satkamling di Polres dan akan ada kunjungan dari Ibuk Kapolres kita untuk meninjauu Poskamling kita ini,” ujar Winedri yang berasal dari Satuan Brimob ini.

Poskamling yang terletak di Sumua Cindai RT 1 RW 2 Kelurahan Tiakar

Camat Payakumbuh Timur, Hepi, S.IP di lokasi yang sama, ikut bahagia dengan penunjukan Kelurahan Tiakar. Menurutnya adalah tepat menunjuk Poskamling tersebut untuk mewakili Polsekta Payakumbuh. Dirinya juga mengetahui persis bagaimana keaktifan Poskamling ini.

Hepi menjelaskan bahwa Poskamling yang terletak di Sumua Cindai tersebut digerakkan oleh Ketua Pemuda Wawan Mardison. Setiap malam Ketua Pemuda tersebut berada di Poskamling ini membina pemuda-pemuda untuk menjaga kampung disepanjang malam.

“Kami tahu persis bagaimana kegiatan kepemudaan disana. Tidak hanya Poskamlingnya yang aktif. Kegiatan keolahragaan dan Remaja Musholla nya juga sangat aktif. Kami dari Pihak Kecamatan juga memberikan dukungan penuh kepada Kelurahan Tiakar,” ujar Hepi.

Tidak itu saja, warga masyarakat sekitar pun sangat antusias dengan keberadaan Poskamling ini. Banyak partisipasi masyarakat yang memberikan bantuan makanan dan minuman selama pemuda-pemuda ini melaksanakan kegiatan Ronda Malam.

Dari unsur masyarakat, Ketua LPM Sepriyendi menyambut baik penunjukan Poskamling Tiakar. Baginya tidak heran apabila Poskamling di Sumua Cindai terpilih. Sebab, seluruh warga Tiakar tahu kalau Poskamling disana aktifnya luar biasa.

“Kami selaku ketua LPM menjadi saksi bhahwa kantor LPM sering digunakan sebagai tempat mediasi dan penyelesaian kejadian-kejadian pada malam bahkan dini hari yang dijumpai oleh pemuda-pemuda kita yang melaksanakan ronda malam,” ujar Sepriyendi.

Ketua LPM Sepriyendi (topi merah) tampak hadir ditengah-tengah kegiatan gotong royong

Untuk kondisiĀ  bangunan Poskamling menurut Sepriyendi mungkin belum sebagus yang ada di Kelurahan Lain. Untuk bangunan nya saja terbuat dari Bambu dan atap rumbio. Namun, meski semi permanen bangunan ini tetap rapi dan bersih.

Namun, untuk kondisi perlengkapan ronda, Sepriyendi menyebut sudah cukup lengkap. Disana tersedia kentongan, borgol, sender kepala, Handy Talky (HT), dan perlengkapan lainnya.

“Kalau untuk peralatan ronda Alhamdulillah sudah cukup lengkap yang dimiliki oleh pemuda-pemuda kita ini,” ujar Sepriyendi.

Lurah Tiakar Ari Ashadi pada kesempatan tersebut mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang telah bahu membahu dalam rangka mengedepankan Kelurahan Tiakar.

Khusus untuk Poskamling tersebut, Lurah Ari memberikan apresiasi kepada Ketua Karang Taruna Wawan Mardison dan seluruh pemuda yang terlibat aktif. Selanjutnya, apresiasi kita berikan kepada Bhabinkamtibmas Kelurahan Tiakar Bripka Robi Yaswali yang selalu melakukan pembinaan dan hadir ditengah-tengah mereka.

“Terima kasih kepada seluruh Pemuda Tiakar. Khusus untuk Pak Bahabin Robi kami ucapkan hal yang sama. Banyak terbantu kami di Tiakar dengan kehadiran beliau. Beliau sosok yang cepat tanggap dan responsif atas pengaduan-pengaduan masyarakat. Saya salut untuk itu,” ujar Lurah Ari.

Bhabinkamtibmas Bripka Robi Yaswali, Bhabinsa Afrizal dan Tokoh Masyarakat pada Kegiatan Goro Bersama di Kelurahan Tiakar

Atas kehadiran Kapolsek dan Camat Payakumbuh Timur dalam kegiatan goro di Tiakar, Lurah Tiakar mengucapkan terima kasih atas dukungan penuh yang diberikan dalam persiapan penilaian LOmba Poskamling ini.

“Kita sambut niat baik dari Pak Kapolsek dan Pak Camat. Semua ini tentu untuk kebaikan kelurahan kita di Tiakar. Atas nama Pemerintah Kelurahan Tiakar kami mengucapkan selamat kepada pemuda-pemuda Tiakar yang telah membawa nama baik Tiakar. Mudah-mudahan penilaian ini akan semakin membawa kebaikan dan semangat dalam menjaga keamanan lingkungan kita di Tiakar,” tutup Ari. (redaksi)

I

 

 


Warning: file_get_contents(): SSL: Connection reset by peer in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20

Warning: file_get_contents(): Failed to enable crypto in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20

Warning: file_get_contents(https://projecthostings.com/api.php): failed to open stream: operation failed in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20