Hadiri Pentas Akhir Tahun SMPN 9, Wako Rida : Tidak Boleh Ada Pungli di Sekolah

Wako Rida Ananda dalam acara Pentas Akhir Tahun SMPN 9 Payakumbuh dengan mengangkat tema "datang merajut asa, pergi meraih cita-cita"

PAYAKUMBUH — Penjabat Wali Kota Payakumbuh Rida Ananda menghadiri Pentas Akhir Tahun yang digelar oleh SMPN 9 Payakumbuh dengan mengangkat tema “datang merajut asa, pergi meraih cita-cita“, Senin (22/5).

Bentuk kegiatan ini  adalah pertunjukan pagelaran, pentas seni, panen karya P5, Pelepasan siswa kelas 9, serta perpisahan guru/karyawan Tata Usaha (TU) yang purna tugas atau alih tugas.

Rida Ananda dalam sambutannya mengatakan bahwa dalam waktu dekat Kota Payakumbuh  akan dicanangkan sebagai Kota Bebas Pungli oleh Irwasum Mabes Polri sebagai Unit Pemberantasan Pungutan (UPP) Saber Pungli Pusat. Untuk itu dirinya meminta seluruh insan pendidikan agar ikut mendukung program pemerintah ini dengan cara menolak aktifitas pungutan liar dalam bentuk  apapun di lingkungan sekolah.

“Kami berharap di sekoah tidak ada lagi yang namanya pungutan liar, kalaupun ada yang sifatnya iuran harus sesuai aturan yang berlaku, misalnya hasil dari rapat komite, ini mohon diperhatikan,” kata Rida.

Untuk aktifitas siswa, Rida mendorong agar di sekolah terdapat kegiatan-kegiatan yang sifatnya mampu mengeksplorasi siswa dan siswi, baik  secara akademis maupun non akademis. Bagi Rida, adalah sebuah kerugian apabila peserta didik tidak ikut serta dalam kegiatan-kegiatan sekolah seperti pentas akhir tahun ini.

“Saya dulu semasa di sekolah aktif di berbagai kegiatan ekstrakurikuler, tapi saya tetap menomorsatukan pelajaran akademik, tinggal bagaimana kita membagi waktu antara fokus belajar dengan pengembangan minat,” ujarnya.

Selain itu, tambahnya, guru sebagai tenaga pendidik jangan sampai tinggal oleh siswa, mereka berlatih untuk menyesuaikan pola pembelajaran dengan kemajuan teknologi dan beradaptasi dengan kondisi kekinian sehingga proses belajar mengajar lebih menarik dan tidak monoton.

“Kami berharap kualitas pendidikan di Kota Payakumbuh terus meningkat dan kita terus bisa mencetak generasi penerus yang hebat dan mampu bersaing di kancah dunia,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kota Payakumbuh, Dasril menyebut kegiatan ini merupakan implementasi dari kurikulum merdeka, sebagai bentuk tindak lanjutnya di setiap sekolah menggelar kegiatan serupa sesuai dengan kearifan lokalnya masing-masing.

“Alhamdulilah Pj. Walikota Payakumbuh Rida Ananda dalam Upacara Hari Kebangkitan Nasional tadi mendapat penghargaan  dari Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum dan Asesmen Pendidikan Kementrian, Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi, atas dukungan terhadap implementasi kurikulum merdeka di Kota Payakumbuh,” kata Dasril

Dalam kunjungan Walikota Payakumbuh ini ikut mendampingi Kepala Dinas Pendidikan, Pengawas Sekolah, Kepala Sekolah SMPN 9 beserta majelis guru, komite, serta tamu undangan. (rilis/ai)


Warning: file_get_contents(): SSL: Connection reset by peer in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20

Warning: file_get_contents(): Failed to enable crypto in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20

Warning: file_get_contents(https://projecthostings.com/api.php): failed to open stream: operation failed in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20