Dukung Satkamling Tiakar, Lurah, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, LPM dan RT/RW Ikut Ronda Malam

Lurah, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, LPM, RT/RW ikut serta dalam giat ronda bersama di Satkamling KelurahanTiakar

PAYAKUMBUH — Dalam rangka mendukung penuh kegiatan Satkamling di Kelurahan Tiakar, Lurah, Bhabinkamtibmas, dan Bhabinsa serta tokoh masyarakat ikut dalam giat ronda bersama di Posko Satkamling yang beralamat di Sumua Cindai, RT 01 RW 02 Tiakar, Kecamatan Payakumbuh Timur, Senin (22/5/2023).

Ronda bersama yang dimulai pukul 23.30 wib ini diawali dengan brefing yang dipimpin oleh Bhabinkamtibmas Tiakar Bripka Robi Yaswali.

“Ronda malam ini kita coba untuk menyisir kawasan yang ada di RT 01 RW 02, sekaligus mengingatkan warga kita untuk tetap waspada terhadap pencurian yang sangat marak akhir-akhir ini,” ujar Robi Yaswali.

Selaku Bhabinkamtibmas yang membina langsung Satkamling Tiakar ini, Robi Yaswali memberikan apresiasi kepada Posko Satkamling Tiakar yang terus secara konsisten melaksanakan ronda di setiap malamnya.

Memberikan saran dan masukan kepada warga untuk mengunci pintu dan memasukkan sepeda motor ke rumah warga sebelum tidur.

Menururt Robi, kehadiran Lurah, Bhabinsa dan LPM dalam giat ronda ini adalah wujud support yang diberikan kepada warga RT 01 RW 02 yang telah berpartisipasi aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan.

Di dalam Pos Satkamling yang berpalanta, Robi juga memberikan arahan dan petunjuk tata cara penggunaan Handy Talky (HT) yang telah menjadi inventaris Satkamling.

“Penggunaan HT sangat efektif untuk ronda malam. Perlu kita berikan sedikit pelatihan tata cara penggunaan HT secara efektif supaya informasi yang disampaikan dapat diterima dan dicerna dengan jelas,” tutur Robi.

Menurut Robi, Satkamling yang berada dalam binaannya ini,  partisipasi warga yang ikut ronda cukup tinggi. Dalam pantauannya Pos Satkamling ini tidk pernah kosong dan rutin aktif setiap malam.

“Keterlibatan pemuda di Satkamling ini juga sangat militan. Pos Satkamling ini seperti sudah menjadi rumah bagi mereka. Di Pos ini juga kerap tempat berkumpulnya pemuda-pemuda untuk beraftifitas olah raga di sore harinya,” tutur Robi.

Lurah Tiakar Ari Ashadi membenarkan sebagaimana pernyataan yang disampaikan oleh Bhabinkamtibmas. Menurut Ari, Satkamling Rt 01 RW 02 patut menjadi contoh bagi Satkamling-Satkamling lainnya. Totalitas mereka dalam menjaga kampung sudah terbukti dan teruji.

“Selama kami menjadi Lurah disini telah banyak kasus-kasus percobaan pencurian yang digagalkan oleh Satkamling ini. Yang terakhir adalah pencegahan beberapa orang warga yang mencoba mencuri kotak amal di salah satu masjid di Tiakar. Karena pelakunya masih anak dibawah umur maka telah diselesaikan secara kekeluargaan,”

Tidak itu saja, Satkamling ini juga pernah menangkap pelaku yang hendak masuk ke sebuah kios jam 4 subuh. Belum sempat mengambil, mereka sudah tertangkap tangan dan diselesaikan permasalahannya di Kantor LPM Tiakar.

“Kami sependapat dengan pernyataan Bapak Kapolsek Kota Payakumbuh Winedri yang mana Satkamling itu yang penting adalah keaktifan nya dan bukan bagus bentuk fisik bangunannya,” pungkas Ari.

Terkait dengan diusulkannnya Satkamiling RT 01 RW 02 ini mewakili Polsek Kota Payakumbuh untuk mengikuti lomba Satkamling mulai dari tingkat polsek / polsekta, polres, polda dan nasional nantinya, dirinya mengaku adalah hal yang wajar.

“Dilirik untuk mengikuti kompetisi adalah hal yang biasa. Selaku Lurah tentu kami menyambut baik kepercayaan ini untuk Kelurahan Tiakar. Moment kami turun bersama malam ini adalah wujud support ke Satkamling kita,” ujarnya lagi.

Ditemui di tempat terpisah, Camat Payakumbuh Timur, Hepi, S.IP mendukung penuh untuk Satkamling Tiakar mengikuti perlombaan Satkamling ini. Dirinya juga mengapresiasi giat ronda malam yang melibatkan seluruh unsur di Kelurahan.

“KIta saat ini bersama Bapak Kapolsekta Payakumbuh akan secara intens melakukan koordinasi terkait persiapan-persiapan yang akan dipenuhi dalam ajang lomba yang dimulai pada awal bulan Juni mendatang,” kata Hepi.

Sementara itu, Ketua Satkamling Tiakar Wawan Mardison yang juga merupakan ketua Karang Taruna yang didampingi ketua LPM Sepriyendi optimis untuk ikut serta dalam perlombaan ini.

Menurutnya, lomba hanyalah salah satu bonus saja atas kerja keras Pemuda-pemuda dan warga masyarakat kita di Tiakar. Intinya adalah bagaimana keamanan lingkungan bisa terwujud.

“Selaku ketua Satkamling kami mengucapkan terima kasih atas giat ronda malam bersama ini. Mudah-mudahan Satkamling ini bermanfaat bagi masyarakat banyak,” tutur Wawan.

Ikut dalam giat ronda malam bersama ini Lurah, Bhabinkamtibmas, Bhabinsa, LPM, RT/RW, Karang Taruna dan warga masyarakat sekitar. (Ai)

Bot Verification

Verifying that you are not a robot...