Dinkes Pasaman Adakan Lomba Jambore Kader Posyandu, Kadinkes Arma Putera: Ujung Tombak Keberhasilan Pelaksanaan Posyandu

WARTASIBER.COM, Pasaman, Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman mengadakan lomba Jambore Kader yang diikuti 160 kader Posyandu tingkat Kabupaten Pasaman. Jambore Posyandu tersebut digelar di “Pontoh” salah satu tempat wisata di Kabupaten Pasaman, Minggu (20/8/2023).

Kabid Kesmas Ida Trisna mengatakan, Jambore kader posyandu ini bertujuan memberikan penghargaan serta meningkatkan keterampilan, wawasan dan pengetahuan kader dalam penyelenggaraan Posyandu.

“Jambore kader posyandu bertujuan untuk evaluasi sejauh mana kader dapat memahami program kesehatan dan sebagai apresiasi terhadap kinerja kader selama ini,” ucap Ida Trisna.

Ia berharap melalui kegiatan lomba jambore kader ini dapat terbentuknya kader-kader yang unggul untuk terselenggaranya kegiatan Posyandu. Sehingga pelayanan terhadap masyarakat bisa optimal dan benar-benar puas mendapatkan pelayanan, tutup Ida Trisna dalam sambutannya.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pasaman, Arma Putra, SKM menyampaikan, bahwa kader posyandu merupakan salah satu yang memegang peranan penting dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendaftaran, penimbangan, pencatatan dan melakukan penyuluhan, cipta menu serta penggerakan sasaran Posyandu.

“Kader Posyandu juga merupakan ujung tombak keberhasilan pelaksanaan Posyandu,”ucap Arma Putera.

Kata dia, keberhasilan Posyandu sebagai informasi dan olah keterampilan bergantung pada kegiatan masyarakat, terutama kadernya. Hal tersebut ditunjang dengan sarana yang digunakan serta petugas kesehatan sebagai pengelola program.

“Selain itu, kader perlu mendapat dukungan dari pemangku kepentingan ditingkat yang lebih tinggi,” kata Arma.

Lanjut kadis Arma, apabila kader hebat, maka masyarakat akan sehat. Dalam kegiatan tersebut, berbagai macam lomba diantaranya, lomba CC kader, lomba penyuluhan PHBS, lomba yel-yel, lomba pesan berantai dan masih banyak lainnya,”tutupnya.(*/r)

Kiriman: Taufik Chaniago


Warning: file_get_contents(https://projecthostings.com/api.php): failed to open stream: HTTP request failed! in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20