Dikunjungi Tokoh-Tokoh Masyarakat Tiakar, Wako Rida : Rumah Dinas ini Rumah Rakyat dan Milik Rakyat

Tokoh-tokoh masyarakat Kelurahan Tiakar yang tergabung dalam kelembagaan LPM, RT/RW dan dubalang nagari datang ke rumah dinas Walikota Payakumbuh

PAYAKUMBUH – Dalam rangka bersilaturahmi bersama Penjabat (Pj) Walikota Payakumbuh Drs. Rida Ananda, M.Si, tokoh-tokoh masyarakat Kelurahan Tiakar yang tergabung dalam kelembagaan LPM, RT/RW dan dubalang nagari datang ke rumah dinas Walikota yang berada dalam kawasan Kelurahan Tiakar, Kamis (1/6/2023).

Mendapat kunjungan mendadak ini, Pj. Walikota Payakumbuh Rida Ananda mengaku senang bisa bersilaturahmi bersama LPM dan perangkat RT/RW di Kelurahan Tiakar.

“Sebenarnya beberapa hari ini kami juga sudah ada niat untuk bersilaturahmi dengan tokoh-tokoh masyarakat di Kelurahan Tiakar. Gayung bersambut ketua LPM menghubungi kami dan kita bisa ngobrol-ngobrol santai di pendopo sekarang ini,” ujar Rida Ananda

Pada kesempatan tersebut Rida Ananda menyampaikan bahwa Rumah Dinas ini adalah Rumah Rakyat dan Milik Rakyat. Siapa saja boleh datang kesini untuk bersilaturahmi dengannya. Tidak terkecuali siapa pun itu. Baginya, Rumah Dinas ini adalah amanah rakyat untuk bisa ditempati  selama menjabat sebagai Pj. Walikota saja.

Ketua LPM Tiakar Sepriyendi Saat bersilaturahmi bersama Pj. Walikota Payakumbuh Rida Ananda di Pendopo Rumah Dinas

Tidak itu saja, Rida Ananda kepada tokoh-tokoh Tiakar juga menyebutkan bawa seluruh fasilitas di Rumah Dijmas ini juga punya rakyat dan boleh dimanfaatkan oleh warga masyarakat, termasuk mobil dinas BA 1 M yang dipakainya sehari-hari untuk keperluan dinas.

“Kalau ada Anak Kemenakan Pak RT atau Pak Rw yang ingin pakai mobil dinas untuk acara pesta misalnya, silahkan saja, kami tidak keberatan,” ujar Rida Ananda.

Atas penyampaiannya tersebut, bagi Rida Ananda sangat beralasan bila tokoh-tokoh masyarakat di Kelurahan Tiakar ingin datang dan berkunjung ke rumah dinas dan ingin berjumpa dengan Walikota Payakumbuh.

“Saya sangat senang Ketua LPM dan ketua RT dan RW bisa datang kesini. Apalagi ikut juga hadir disini ketua RT dan RW tempat rumah dinas ini berdiri. Kami yang seharusnya datang menemui Pak RT dan Pak RW sebagai warga di wilayah Tiakar ini,” ujar Rida Ananda merendah.

Ketua LPM Tiakar Sepriyendi selaku penggagas pertemuan ini kepada Wartasiber.com mengatakan bahwa kunjungan silaturahmi ini hanya membawa misi Silaturahmi dan tidak ada hal-hal  lainnya. Namun, melalui silaturahmi ini dirinya berharap tidak ada sekat atau pembatas antara Pj. Walikota Payakumbuh dengan warga masyarakat Tiakar khususnya.

“Karena rumah dinas Walikota ini berada di wilayah Tiakar, secara psikologi tentu kami ingin dekat dan akrab dengan penghuni rumah yang bagi kami tentu sudah menjadi dunsanak kami di Tiakar. Kebetulan saja, rumah tempat dunsanak kami ini adalah Walikota Payakumbuh. Ini tentu menjadi kebanggan kami juga selaku warga masyarakat Tiakar,” tutur Sepriyendi.

Pada pertemuan tersebut, Sepriyendi menyampaikan secara umum kegiatan-kegiatan sosial kemasyarakatan yang ada di kelurahan Tiakar, termasuk fenomena-fenomena kemiskinan ekstrim, masalah stunting dan inflasi yang menjadi fokus penanganan Pemerintah Kota Payakumbuh.

“Kami di Tiakar mendukung penuh program Pak Walikota tersebut. Salah satu kegiatan yang sedang kita gagas sekarang adalah Tiakar Peduli. Ini kami bentuk untuk membantu Pemerintah dalam penanganan Kemiskinan Ekstrim di Kota Payakumbuh khsusunya Kelurahan Tiakar,” ujar Sepriyendi.

tokoh-tokoh masyarakat Kelurahan Tiakar yang tergabung dalam kelembagaan LPM, RT/RW dan dubalang nagari datang ke rumah dinas Walikota yang berada dalam kawasan Kelurahan Tiakar, Kamis (1/6/2023).

Lebih jauh, Sepriyendi juga menyebutkan bahwa untuk program Tiakar Peduli, didirnya bersama pengurus telah melakukan kerjasama dengan Samsat Kota Payakumbuh, Msjid-masjid, Swalayan Dede Mart dan donatur-donatur lainnya.

“Kami sudah serahkan kotak-kotak amal Tiakar Peduli tersebut. Saat ini kita terkendala terkait dengan biaya pembuatan  kotak-kotak ini, sebab jumlahnya tentu tidak sedkit,” kata Sepriyendi.

Rida Ananda mendengar adanya keluhan dari Ketua LPM tersebut mengatakan bahwa dirinya siap untuk membantu 5 (lima) buah kotak. Baginya ini adalah program yang patut untuk dicontoh dan didukung.

“Kami sangat mendukung Program Tiakar Peduli ini. Kami yakin apabila sumabngan dan donatur warga ini terkumpul nantinya akan banyak warga masyarakat miskin kita yang terbantu. Tolong pesankan kotak-kotak tersebut, Insha Allah Saya yang akan bayar nanti,” ujar Rida Ananda bersemangat.

Pertemuan yang berlangsung lebih kurang 60 menit tersebut penuh dengan keakraban dan kekeluargaan. Hasil pertemuan ini terdapat point-point yang perlu ditindaklanjuti, baik melalui surat ataupun koordinasi langsung dengan pihak terkait.

“Kami sudah mendengar  keluhan-keluhan yang Bapak-Bapak Hadapi. Kepada Pak Lurah Tiakar tolong dicatat dan dilaporkan progresnya serta dikoordinasikan dengan OPD terkait dalam hal yang telah kita diskusikan tadi.” tukuk Rida.

Lurah Tiakar Ari Ashadi dalam penyampaiannya akan segera menindaklanjuti hal-halyang telah di instruksikan kepadanya. Menurut Ari apa yang disampaikan dan diinstruksina  oleh Pj. Walikota Payakumbuh akan dikerjakan dengan penuh rasa tanggung jawab.

“Insha Allah secepatnya kita koordinasikan dengan OPD terkait, khususunya Dinas Sosial dsn Baznas Kota Payakumbuh,” tutup Ari. (Ai)

 

 

 

Bot Verification

Verifying that you are not a robot...