220 Siswa- Siswi SMK Negeri 1 Bonjol,Pasaman Dilepas Laksanakan PKL Selama Empat Bulan

WARTASIBER.COM, BONJOL–SMK Negeri 1 Bonjol yang berlokasi di jalan lintas sumatera Biduak Nagari Ganggo Mudiak kecamatan Bonjol, kabupaten Pasaman, Provinsi Sumatera Barat pada tahun ini (2023) menerjunkan siswa dan siswi untuk mengikuti program praktek kerja lapangan (PKL) sebanyak 220 orang.

Kepala Sekolah SMK Negeri1 Bonjol, Feri Andri,ST.MPd.T mengatakan
Sekolah ini memiliki beberapa jurusan seperti teknik otomotif yang khususnya dititik beratkan pada teknik sepeda motor dan teknik kendaraan ringan, teknik instalasi tenaga listrik,teknik audio video dan teknik tata kelola perkantoran dimana 220 orang sedang melaksanakan program praktek kerja lapangan (PKL) dimulai pada tanggal 4 juni sampai dengan 4 september 2023.

“Program Praktek Kerja Lapangan (PKL) tersebut, ditempatkan pada siswa di berbagai daerah kabupaten dan kota di Indonesia, seperti Kabupaten Pasaman, Kota Bukittinggi, Payakumbuh, kota Padang, Pekanbaru,kota Dumai, kota Batam, dan Jakarta,”kata Feri Andri kepada wartawan, Jumat (25/8/2023) di ruang kerjanya.

Disampaikan Feri bahwa, sebelumnya para siswa PKL berjumlah 220 orang tersebut diantar oleh guru pendampingnya langsung ke tempat praktek kerja lapangan, dimana terdiri dari jurusan TKJ, otomotif, teknik sepeda motor, teknik kendaraan ringan,
teknik audio video,teknik instalasi tenaga listrik,tata kelola perkantoran.

Ia menjelaskan, untuk jumlah tenaga pendidik saat ini, SMK Negeri 1 Bonjol memiliki 50 guru yang terdiri dari honorer 10, kemudian PNS 40. 6 orang guru lulus PPPK yakni.

“Prinsipnya, yakni menerapkan apa yang di dapat di sekolah, sehingga nantinya setelah selesai PKL dan tamat sekolah bisa buka usaha sendiri,”jelasnya.

Selain itu, lanjut Feri Andri, SMKN 1 Bonjol juga mendapatkan kesempatan melalui bantuan BAZ provinsi untuk program beasiswa yang sedang aktif sekolah.

“Seperti ada juga siswa kurang mampu,bisa mendapatkan program pemerintah yakni kartu Indonesia pintar (KIP) dan kartu KIM,”ucap Feri Andri.

Ia berharap lulusan SMK negeri 1 Bonjol jadi yang terbaik hendaknya setelah PKL bisa bekerja dengan baik bahkan bisa melanjutkan pendidikan lebih tinggi lagi sesuai dengan keinginan,”tutupnya.(fik/heru)


Warning: file_get_contents(): SSL: Connection reset by peer in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20

Warning: file_get_contents(): Failed to enable crypto in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20

Warning: file_get_contents(https://projecthostings.com/api.php): failed to open stream: operation failed in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20