Kepri  

BPK Kepri: Temukan Rp12,3 M Pembayaran Honor 14 Timsus, Pembentukan Timsus Gubernur Kepri Tidak Berdasarkan UU dan PP

BPK Kepri: Temukan Rp12,3 M Pembayaran Honor 14 Timsus, Pembentukan Timsus Gubernur Kepri Tidak Berdasarkan UU dan PP

TANJUNGPINANG – Badan Pemeriksa Keuangan ( BPK Kepri ) mengatakan, Pembentukan dan penetapan Tim Khusus ( Timsus ) Gubernur Kepri tidak memiliki dasar hukum. Demikian yang diberitakan Presmedia dengan link : https://presmedia.id/berita-69429/bpk-temukan-rp123-m-pembayaran-honor-14-timsus-gubernur-kepri-tidak-didukung-bukti-kerja.html

Dipaparkan Presmedia, selain itu, penggunaan anggaran APBD 2022 senilai Rp12.349.105.315,00 yang salah satunya untuk honorarium Timsus Gubernur, juga dikatakan, tidak didukung dengan bukti kegiatan kerja, berupa absensi kehadiran, laporan kegiatan, bukti pendukung dokumentasi semisal kajian dan saran yang dibuat dalam pertimbanganya yang diserahkan ke gubernur dalam mendukung tugas gubernur.

Hal itu dikatakan BPK perwakilan Kepri dalam laporan hasil pemeriksaan atas sistem pengendalian Intern dan kepatuhan peraturan perundang-undangan nomor: 82.B/LHP/XVIII.TJP/04/2023 pada 13 April 2023.

Sebagaimana diketahui, melalui Surat Keputusan (SK) Nomor: 817 Tahun 2022 Gubernur Kepri telah menetapkan dan mengangkat 14 Tim Khusus (Timsus) untuk pengendalian dan percepatan target pembangunan daerah provinsi Kepulauan Riau Tahun 2021-2026.

Ke 14 anggota Timsus Gubernur Kepri yang SK-nya diserahkan Sekda Kepri Adi Prihantara pada 23 Agustus, itu, terdiri dari 14 orang yang membidangi 8 bidang yaitu:
1.Bidang Aset Daerah yang dijabat Syarafuddin Aluan.
2.Bidang Kajian Kebijakan dan Evaluasi Pembangunan, Bismar Arianto dan Oksep Adhayanto.
3.Bidang Pengembangan Wilayah Perbatasan oleh Mukhti dan Anggelinus,
4.Bidang Keagamaan dijabat oleh Nazaruddin.
5.BIdang Kesejahteraan Masyarakat dijabat tiga nama, yakni Syarifah Nornawati, Endri Sanopaka dan Said Erwansyah.
6.Bidang Kebijakan Pelayanan Publik dijabat Ahmad Rivai Hamta dan Basyaruddin Idris,
7.Bidang Hubungan Antar Lembaga dijabat oleh Suyono dan
8.Bidang Perekonomian dijabat oleh dua orang yakni Syafaruddin Rais dan Anto Duha.

Pembentukanya Tidak Didukung Dengan Ketentuan dan Mekanisme UU dan PP

Atas pembentukan tim Khusus gubernur ini, Pemerintah Provinsi melalui anggaran OPD, mengalokasikan anggaran jasa kantor senilai Rp 395.533.928.399,68 di APBD 20022. Dari jumlah itu Rp12.349.105.315,00 adalah untuk honorarium Tim khusus gubernur Kepri.

Namun dari hasil pemeriksaan BPK, ternyata pembentukan dan penetapan Tim Khusus Gubernur ini, dikatakan tidak memiliki dasar hukum aturan UU Dan PP.

Karena menurut BPK, berdasarkan PP nomor 33 Tahun 2018 tentang Tugas dan Wewenang Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat di daerah, penyelenggaraan tugas dan wewenang wakil pemerintah pusat di daerah, Gubernur dibantu oleh perangkat gubernur yang dilaksanakan oleh perangkat daerah.

“Pengertian perangkat daerah tersebut sebagaimana Peraturan Pemerintah Nomor 18 Tahun 2016 tentang Perangkat Daerah adalah unsur pembantu kepala daerah dan DPRD dalam penyelenggaraan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah,” sebutnya.

Melalui PP ini lanjutnya, juga mengamanatkan, gubernur dan bupati/walikota dalam melaksanakan tugasnya dapat dibantu staf ahli. Dengan demikian, gubernur dalam menjalankan tugasnya dibantu oleh perangkat daerah dan staf ahli,

“Sedangkan kedudukan Tim Khusus tidak diatur dalam peraturan-peraturan tersebut,” kata BPK merujuk rekomendasi temuanya.

Selain itu, BPK juga menyebut, pembentukan tim khusus Gubernur Kepri ini juga tidak didasarkan pada hasil kajian hukum dari Biro Hukum agar sejalan dengan ketentuan perundang-undangan yang lebih tinggi dengan mempertimbangkan efisiensi anggaran dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

Demikian juga dengaan target capaian kinerja, Tim Khusus gubernur Kepri ini juga tidak dijelaskan dalam dokumen perencanaan rencana kerjanya sebagaimana Keputusan Gubernur Kepulauan Riau Nomor 817 Tahun 2022. Demikian juga uraian spesifik tugasnya serta kaitannya dengan OPD dalam melaksanakan tugas membantu gubernur.

“Bentuk tugas, mekanisme pelaksanaan serta pertanggungjawaban tugas dan kegiatanya juga tidak ada, (merujuk SK pembentukan dan pelantikan-red),” sebutnya.

Demikian juga, mengenai Kerangka Acuan Kerja (KAK) dalam penyediaan jasa penunjang urusan pemerintah daerah yang berujung pada pembiayaan dan penggunaan dana APBD, Tim Khusus Gubernur Kepri dikatakan tidak memiliki target capaian kinerja atas apa yang dilakukan dalam mempercepat pembangunan provinsi Kepulauan Riau.

Sementara OPD provinsi Kepri mengkui, telah mengalokasikan anggaran dana APBD 2022 dan melakukan pembayaran honor ke Tim Khusus Gubernur melalui belanja jasa tenaga pelayanan umum berupa honor setiap bulanya, dengan besaran Rp15 juta per bulan.

Sejumlah OPD yang mengalokasikan DIPA anggaran untuk kegiatan 14 tim Khusus Gubernur di Provinsi Kepri pada 2022 itu adalah Badan Pengembangan SDM, Biro Umum, Badan Penanggulangan Bencana Daerah serta Badan Kesatuan Kebangsaan dan Politik serta Dinas Kominfo.

Lebih jauh di telisik BPK, Tim Khusus Gubernur Kepri ini juga tidak memiliki mekanisme, Kerangka Acuan Kerja (KAK) serta pelaksanaan kegiatan, yang dilaporkan secara spesifik dan berkala ke Gubernur Kepri, sebagaimana yang disebut Keputusan Gubernur Kepulauan Riau Nomor 817 Tahun 2022.

Sebab dalam Keputusan Gubernur itu, Tim Khusus gubernur Kepri dikatakan, berkewajiban melaporkan secara berkala serta memberikan pertimbangan dalam rangka melaksanakan pembangunan daerah kepada Gubernur.

Pembayaran Honor dan SPJ Timsus Gubernur Tidak Dibarengi Bukti

Sementara itu, berdasarkan dokumen Pembayaran Honorarium Tim Khusus Gubernur Kepri, Kepala dinas sebagai Pengguna Anggaran, PPK dan PPTK, telah membuat seluruh dokumen pembayaran honorarium tim khusus dengan laporan setiap bulan.

Namun ketika BPK meminta konfirmasi ke beberapa PPTK, Analis Kebijakan Ahli Muda, serta Perencana Ahli Muda di provinsi Kepri mengaku, Tim khusus Gubernur Kepri tidak memiliki waktu/jam kerja serta mengisi absensi sebagai bukti kehadiran dalam setiap kegiatan.

Selain itu, hasil laporan dari kehadiran tim khusus gubernur atas honor SPPD yang diterima, juga tidak didukung dengan mekanisme pelaporan kegiatan, berupa kelengkapan dokumentasi, Laporan hasil kajian, Pertimbangn dan saran yang dibuat atas kehadirannya dalam setiap kegiatan serta diserahkan ke gubernur dalam mendukung pelaksanaan tugas gubernur.

Hal ini menurut BPK, telah menyalahi Pasal 208 ayat (1) jo pasal Pasal 208 Ayat (2) Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah. Kemudian Pasal 102 Ayat (1) Peraturan Pemerintah Nomor 16 Tahun 2018 tentang Perangkat Daerah, serta peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 27 Tahun 2021 tentang Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun 2022 bagian lampiran tentang Ruang Lingkup Pedoman Penyusunan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Tahun Anggaran 2022.

Atas Hal itu, BPK merekomendasikan kepada Gubernur Provinsi Kepulauan Riau, agar memerintahkan Sekretaris Daerah menyusun peraturan tentang tata kerja Tim Khusus yang mengatur tentang waktu kerja dan laporan hasil kerja.

“Selain itu, merekomendasikan ke Gubernur agar memerintahkan Kepala Biro Hukum menyusun kajian hukum kedudukan Tim Khusus dalam administrasi pemerintahan sesuai peraturan perundangundangan yang berlaku.” sebutnya.

Sebelum Temuan BPK, Sekda Sudah Ingatkan Bukti Kerja Timsus

Sebelum temuan BPK, Sekretaris Daerah Provinsi Kepri Adi Prihantara sudah mengingatkan bukti Kerja pada 14 anggota Tim Khusus Gubernur Kepri. Hal itu dikatakan Adi, ketika menyerahkan SK Gubernur pada 14 Tim Khusus Gubernur Kepri Selasa 23 Agustus 2022.

Dalam sambutannya Adi Prihantara mengatakan, berdasarkan tindak lanjut hasil pembahasan dan evaluasi yang pernah dilakukan dalam beberapa kali rapat di Bapeda maupun di Sekretariat Daerah, Jumlah staf khusus gubernur dibatasi 5 orang.

Tetapi karena jumlahnya lebih banyak, maka dinamakan tim. Dengan kewenangan Gubernur itu, perlu dikeluarkan Keputusan Gubernur mengenai tim khusus tersebut.

“Namun terlepas dari itu, intinya adalah apa yang ingin dicapai kedepan. Pertama dengan terbitnya SK ini berarti kepastian kedepannya sudah ada. Tetapi tidak kalah pentingnya adalah penugasan, karena sekarang ini setiap pekerjaan ataupun suatu hal harus ada bukti hasil kerja.” kata Sekda Adi Prihantara saat itu mengingatkan.

Kemudian Sekda Adi juga menambahkan, kalau ada kegiatan yang keluar dari rencana strategis dan tidak pada trek pencapaian RPJM, hendaknya tim Khusus dapat memberi masukan atau saran secara tertulis serta berdasarkan alasan yuridis.

Sekda Adi, mengingatkan, agar laporan Tim Khusus kepada Gubernur sebaiknya dikoordinasikan pada satu koordinator. Kemudian laporannya berbentuk tertulis bukan lisan.

“Bapeda buatkan rincian atau ringkasan capaian per OPD sehingga nanti ada pegangan masing-masing tim khusus, terkait dengan apa yang dikerjakan OPD dan apa yang dicapai untuk RPJM. jadi RPJM dipegang masing-masing OPD dan catatan diberikan kepada bapak ibu dalam bentuk fungsi percepatan” ujarnya saat itu.

Pemprov Kepri Keluarkan Pergub Pedoman Pengangkatan Timsus

Di tempat terpisah, Kepala dinas Komunikasi dan Informasi Hasan mewakili Gubernur mengatakan, telah menindaklanjuti Temuan dan rekomendasi BPK tersebut.Sebagai tindak lanjut, Hasan menyebut, Gubernur Kepri telah mengeluarkan Peraturan Gubernur Kepri nomor 79 Tahun 2022 tentang Pedoman Pengangkatan tim Khusus Gubernur dalam Pengendalian Pencapaian Target Pembangunan Daerah.

“Melalui Pergub ini, telah diatur Pembentukan dan kedudukan Tim Khusus, Tugas dan wewenang, keanggotaan, Persyaratan, pengangkatan dan pemberhentian, Hak keuangan dan fasilitas serta Tata kerja,” ujarnya.

Melalui Pergub ini lanjut Hasan, apa yang direkomendasikan BPK, akan dapat ditindaklanjuti Pemerintah Provinsi Kepri.

Sumber dari Presmedia
Editor :Redaksi

sv388 slot thailand scatter hitam slot qris slot thailand slot thailand joker123 scatter hitam 888slot scatter hitam scatter hitam scatter hitam https://disarpus.padangpariamankab.go.id/assets/888slot/ https://ppid.kaltimprov.go.id/assets/css/ https://dpmptsp.muratarakab.go.id/wp-includes/js/dist/thai/ https://dinkes.hsu.go.id/scatter-hitam/ https://wisuda.smkind-mm2100.sch.id/hitam/ https://sso.untirta.ac.id/example/crud/scatter-hitam/ https://pmb.itsnupekalongan.ac.id/vendor/bin/scatter-hitam/ http://damai.balikpapan.go.id/assets/css/scatter-hitam/" https://saraga.itb.ac.id/css/ https://pertanian.tapselkab.go.id/kcfinder/thailand/ https://sikiper.untirta.ac.id/vendor/psr/888slt/ https://abdimas.stiemkalianda.ac.id/docs/manual/thailand/ https://sip-banjar.banjarkab.go.id/css/scatter-hitam/ https://sipanja.paserkab.go.id/UI/vendors/idn/ https://sikerma.untirta.ac.id/application/views/sv388/ https://pdc.polikant.ac.id/wp-content/themes/scatter-hitam/ https://www.chemistryfair.ui.ac.id/thai/ https://jurnal.univa-labuhanbatu.ac.id/public/site/scatter-hitam/ http://teknikinformatika.fasilkom.mercubuana.ac.id/wp-admin/maint/zeus/ https://kamboja.mtsn1banjar.sch.id/ https://zeusslot.angkolatimur.tapselkab.go.id/ https://www.poltekelbajo.ac.id/scatter-hitam/ http://888slot.smpn2cileungsi.sch.id/ https://lpm.univa-labuhanbatu.ac.id/wp-content/themes/jnews/scatter-hitam/ https://scatterhitam-slot.com https://tth.com.tc/ https://gna.university/ https://guiqac.gnauniversity.edu.in/ http://tourism.gov.eg/ powergaming88 http://e-office.utu.ac.id/asset/assets/plugins/gacor/ powergaming88 powergaming88 powergaming88 powergaming88 powergaming88 powergaming88 powergaming88 powergaming88 slot zeus nolimit city sv388 https://pariamantimur.pariamankota.go.id/assets/ https://sipatudia.bpsdm.sumbarprov.go.id/assets/mahjong/ slot jepang http://46.250.237.148:8005/ http://simokata.tabanankab.go.id/dist/img/thailand/ scatter hitam slot thailand link slot thailand 777 slot powergaming88 slot luar negeri slot gacor maxwin slot gacor hari ini slot gacor terbaru mahjong ways 2 slot thailand jp slot slot bni slot bri slot bsi slot danamon slot gopay slot server korea slot malaysia slot amerika slot rusia fan tan monopoly live lightning roulette mega ball sweet bonanza candyland mega sic bo mega baccarat andar bahar sbobet88 ktm303 slot dubai slot qris powergaming88 Slot Thailand Slot Zeus Pg Soft Starlight Princess Slot Gacor Maxwin Joker123 Sv388 Slot Thailand Slot Thailand Slot Qris slot thailand joker123 mahjong ways 2 888slot slot jepang slot thailand slot mahjong ways slot qris slot deposit dana slot dana nolimit city slot thailand sv388 slot888 slot kamboja http://labse.ce.undip.ac.id/sejarah/gacorx/ Slot Thailand Starlight Princess Mahjong Ways 2 Slot Maxwin slot thailand slot filipina slot88 slot thailand slot mahjong NEW SLOT POLA GACOR https://mandiri-gacor.angkolatimur.tapselkab.go.id/ jp slot slot ganas https://cheat-gacor.angkolatimur.tapselkab.go.id/ crazy time live slot qris https://sqris.angkolatimur.tapselkab.go.id/ slot akurat qris https://pragmaticplay.dharmasatyasarana.co.id/ https://dana.sidamaju.skom.id/ https://joker123.putramuko.co.id/ https://akun-pro-rusia.mariyadl.sch.id/ slot zeus server thailand server hongkong slot ovo slot gopay slot linkaja joker123 nolimit city sv388 starlight princess mahjong ways pg slot slot zeus sv388 idn slot https://joker123.elearningmansatuokit.sch.id/ slot server thailand slot thailand https://slot-thailand.itr.ac.id/ https://pn-watansoppeng.go.id/media/jui/server-thailand/ https://dinkes.hsu.go.id/wp-content/uploads/server-thailand/ nolimit city slot ovo slot gopay pragmati play starlight princess slot pg soft slot mahjong slot zeus digmaan slot mania slot zeus server thailand ying77 slot thailand judi bola live casino sv388 pg soft slot dana mahjong ways slot mania slot x500 ladangtoto slot server kamboja digmaan digmaan slot88 scv388 sabung ayam online slot live casino sicbo online slot thailand ladangtoto sv388 ladangtoto powergaming88 66kbet powergaming88 slot thailand ladangtoto slot thailand server thailand slot thailand slot thailand slot thailand slot gacor ladangtoto2 ying77 bet server thailand slot thailand ying77 slot88 ladangtoto ladangtoto slot maxwin sv388 sv388 slot gacor 66k bet slot dana sabung ayam inline slot mahjong slot toto slot server thailand slot gacor slot server thailand slot thailand situs slot wwg slot slot daftar judi slot online indonesia slot gacor slot mawin slot gacor slot thailand slot gacor slot gacor demo slot pragmatic sv388 slot88 pgsoft Daftar Judi Slot Online Indonesia Paling Gacor di Indonesia Daftar Situs Judi Slot Online SLOT88 lucky neko slot gacor slot88 slot kakek slot maxwin slot thailand Slot Mahjong Ways 2 Mudah Jackpot Paus di PG Soft Hari ini 2023 Lucky Neko Situs Slot Gacor Pgsoft Hari Ini SITUS SABUNG AYAM SV388 ONLINE DAFTAR LINK LOGIN APK AGEN SV388