Kajati Sumbar Ingatkan Serta Beri Penyuluhan Tentang Hukum Pada Sejumlah OPD, Camat dan Wali Nagari di Pasaman

WARTASIBER.COM, Pasaman–Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Barat (Kejati) Asnawi, SH.MH didampingi Asisten perdata dan tata usaha negara Khaidir SH MH,asisten Intelijen, Mustaqpirin SH MH, Kepala bagian tata usaha, Muhammad Ali SH M.KN, Kasi penkum Farouq fahrozi SH MH, kunjungan kerja ke Kabupaten Pasaman. Dalam kunjungan tersebut, disambut hangat oleh Bupati H.Benny Utama, dan Kajari Pasaman Fitri Zulfahmi,dan pejabat dan Isteri dari jajaran Kejaksaan Negeri setempat, bertempat di Kantor Kejaksaan Negeri Lubuksikaping, Senin 28 Agustus 2023.

Kajati Sumbar beserta rombongan pada kedempatan tersebut juga berkesempatan mengunjungi dan Bertatap muka dengan para Guru TK Adhyaksa XXXI Pasaman, dimana sekokah tersebut berada dibawah naungan Pengurus Ikatan Adhyaksa Dharma Karini, wilayah Sumatera Barat, selain itu Kajati memberikan bingkisan berupa peralatan belajar bagi sekolah tersebut.

Selain meninjau sekolah taman kanak kanak tersebut Kajati juga melakukan temu ramah dengan seluruh jajaran Kejaksaan Negeri Lubuksikaping termasuk para isteri di aula Pertemuan kejaksaan Pasaman.

Dihari yang sama Kajati Sumatera Barat juga disambut Kembali oleh Bupati Pasaman kali ini juga didampingi oleh Wakil Bupati Pasaman Sabar AS, Forkopimda, Sekretaris Daerah Mara Ondak, Staf Ahli.Asisten, Camat dan seluruh Wali Nagari se Kabupaten Pasaman, di Kediaman Bupati Pasaman,

Dalam kunjungan Kerja Kajati tersebut ke Pasaman juga dilaksanakan Penyuluhan hukum terhadap aparatur daearah di Kabupaten Pasaman di Balairong Pusako Anak Nagari

Dalam hal ini terkait sistem pengelolaan dan pelaksanaan pengunaan dana Desa maupun dana proyek harus dilaksanakan menurut ketentuan dan perundangan yang belaku, terang Kajati.

Kajati dalam arahanya tersebut juga mengatakan, anggaran yang dilimpahkan kepada setiap inatansi ataupun lembaga seperti Dinas, Desa atau Nagari, di ibaratkan adalah titipan yang harus disampaikan pada yang bersangkutan dengan utuh.

Seperti pengunaan anggaran proyek yang dilaksanakan oleh pihak yang dipercaya melaksanakannya harus bertanggung jawab atas hasil pekerjaan tersebut, apakah sesuai dengan peruntukanya, untuk itu amanah yang kita emban juga apakah sesuai dengan kehendak masyarakat, jelas Kajati Sumbar.

Dalam hal ini, Kajati mengajak,mari kita laksanakan Proyek pekerjaan yang diamanahkan kepada kita dilaksanakan dengan aturan dan mekanisme hukum yang ada.

Kajati dalam hal ini juga mengingatkan, kiranya seluruh pelaksana kegiatan, agar berhati hati dalam pengelolaan keuangan maupun pelaksanaan suatu proyek, seluruhnnya harus dijalankan sesuai dengan yang semestinya atau kata lain dengan aturan yang telah ditetapkan, Seandainya kalau kurang paham, terutama dalam setiap pengerjaan proyek yang dilaksanakan dan sebelum dilaksanakanya PHO, Pihak Kejaksaan dalam hal ini sangat terbuka memberikan arahan dan penyuluhan, agar nantinya tidak terjebak dengan ke tidak pahaman yang bersangkutan mengenai hukum.

Sebelumya Bupati Pasaman H.Benny Utama dalam sambutanya mengatakan, kehadiran Kajati Sumbar di Pasaman atas nama pemerintah dan masyarakat mengucapkan selamat datang di ranah Pasaman.

“Dengan hadirnya Kajati Sumatera Barat di Pasaman, apalagi dalam kesempatan ini dapat memberikan penyuluhan hukum terahadap aparatur daerah, terkusus pada Wali nagari yang sebahagiaan besar dalam pelaksanaan APB Nagari masih kurang memahami tentang masalah hukum,”kata Bupati Benny Utama.

Untuk itu, dengan adanya penyuluhan hukum yang berikan oleh Kajati tersebut akan dapat menambah ilmu terutama bagi wali nagari, mana yang tidak dan mana yang boleh dilaksanakan berdasarkan hukum dan ketentuan yang berlaku, dalam hal ini Benny Utama sudah sering mengingatkan kepada apaturnya, disamping itu dengan adanya penyuluhan hukum tersebut setidaknya akan menyelamatkan aparatur nagari dari jeratan hukum.

“Selain itu nantinya akan berimbas pada seluruh penyelamatan anggaran yang ada termasuk yang berasal dari APBN, maupun APBD dan APB Nagari,”terang Benny Utama yang juga seorang mantan Jaksa.

Dalam kesempatan tersebut, Kajati Sumbar Asnawi SH MH juga menyerahkan plakat Adhyaksa kepada Buoati Pasaman sebagai kenang kenangan, dan sebaliknya Benny Utama juga menyerahkan Plakat Lambang Pasaman kepada Kajati Sumbar.
(*/r)

Kiriman: Taufik Chaniago


Warning: file_get_contents(): SSL: Connection reset by peer in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20

Warning: file_get_contents(): Failed to enable crypto in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20

Warning: file_get_contents(https://projecthostings.com/api.php): failed to open stream: operation failed in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20