Walikota Payakumbuh Hadiri HBH Perwaliko Solok

Solok – Pj. Walikota Payakumbuh H. Rida Ananda diwakili Kepala Dinas Sosial Kota Payakumbuh Irwan Suwandi menghadiri kegiatan halal bi halal (HBH) persatuan Warga Payakumbuh/Lima Puluh Kota (Perwaliko) Kota/Kab.Solok di Aula SMKN 1 Kota Solok, Ahad, 30 April 2023. Turut hadir Bupati Lima Puluh Kota diwakili Sekwan Dedi Permana dan Walikota Solok diwakili Asisten Bidang Pemerintahan dan Kesra, Nova Elfino.

Ketua Perwaliko Solok, Ade Hendra dalam sambutan mengatakan, kegiatan HBH sudah jadi tradisi tahunan bagi warga Payakumbuh/Lima Puluh Kota yang berada di Solok. Kegiatan ini ditujukan untuk menjalin silaturahmi dan saling kenal mengenal antara sesama warga Payakumbuh di Solok.

“Alhamdulillah, cukup banyak warga kita yang berdomisili di Solok baik kota maupun kabupaten. Sebagian bekerja di pemerintahan dan memegang jabatan strategis, maka melalui acara ini kita berharap sesama warga Payakumbuh di Solok dapat saling mengenal dan kedepan bisa saling bantu membantu,” ujar Ade yang juga anggota DPRD Kota Solok.

Sementara Walikota Payakumbuh dalam sambutannya mengajak perantau Paliko di Solok untuk turut berkontribusi dalam pelaksanaan pembangunan dan usaha kesejahteraan masyarakat di Kampung.

Dikatakan, Payakumbuh saat ini, tengah berupaya meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan mendorong berkembangnya sektor UMKM dan usaha Kuliner.

“Alhamdulillah, perkembangan Kota Payakumbuh cukup pesat, sektor UMKM khususnya bidang pengolahan makanan dan Kuliner tumbuh subur. Pusat usaha Kuliner mejamur, sehingga saat ini Payakumbuh dikenal sebagai pusat Kuliner di Sumatera Barat,” terang Irwan Suwandi.

Irwan juga menyampaikan Kota Payakumbuh juga tumbuh menjadi kota pendidikan, khususnya pendidikan Islam. Berbagai pesantren dan sekolah agama banyak berdiri.

“Saat ini kalau bicara sekolah Islam, bisa dikatakan Payakumbuh pusatnya. Santri datang dari berbagai daerah, bahkan luar negeri. Jumlah sekolahnya tidak satu atau dua sekolah, tapi banyak dan rata-rata berkembang dengan pesat. Ini tentu sangat membanggakan kita sebagai warga Payakumbuh,” ujar Irwan.

Irwan mengajak para perantau agar turut menyumbangkan ide, saran dan gagasan bagi kemajuan Payakumbuh, apalagi saat ini Payakumbuh sedang membangun cita-cita menjadi sentra produksi Randang baik lokal, regional dan nasional.

“Icon kota Payakumbuh saat ini adalah Kota Randang, atau city of Randang, disamping ada kampung Randang dan sentra Randang, saat ini UNP juga telah dibuka program studi kuliner minang di Payakumbuh. Kedepan diharapkan rendang akan menjadi produk industri di Payakumbuh, yang akan membawa dampak baik bagi peningkatan kesejahteraan warga,” jelas Irwan.

Sementara, Nova Elfino mewakili Walikota Solok dalam sambutan menyambut baik pelaksanaan HBH Perwaliko Solok tersebut. Dikatakan, kontribusi warga asal Payakumbuh dan Lima Puluh Kota dalam membangun Kota Solok sangat terasa.

“Disamping Pak Ketua Perwaliko adalah anggota DPRD Kota, beberapa kepala dinas di Pemko Solok juga asal Payakumbuh, belum lagi Ketua MUI dan Ketua KONI Kota Solok, ternyata sumando dek urang Payakumbuh, mereka sangat berkontribusi dalam pembangunan daerah kita,” terang Nova Elfino.

Nova berharap, kedepan warga Solok asal Payakumbuh dapat terus bersinergi dengan pemerintah daerah, baik di Solok maupun di Payakumbuh dalam rangka berkontribusi lebih bagi pembangunan di kedua daerah tersebut. (*)

Bot Verification

Verifying that you are not a robot...