Cara Jaga Kebersihan Tangan Biar Kesehatan Tetap Terjamin!

Kebersihan Tangan Blibli
Cara Jaga Kebersihan Tangan Biar Kesehatan Tetap Terjamin

Kebersihan tangan sangat penting terjaga agar Anda terbebas dari virus dan bakteri. Tangan merupakan media penyebaran kuman penyakit. Virus dan bakteri dengan mudah masuk ke dalam tubuh melalui tangan. Oleh sebab itu, sangat penting mengetahui cara yang benar menjaga kesehatan dengan selalu menjaga kebersihan tubuh, terutama kebersihan tangan.

Anda bisa menjaga kebersihan tangan setiap selesai beraktivitas dengan cara mencuci menggunakan sabun, bisa juga menggunakan gel atau cairan pembersih tangan.

Anda tidak pernah tahu kapan penyakit akan datang menyerang. Menjaga kebersihan tubuh dan tangan merupakan cara mudah menjaga kesehatan. Kulit berperan sebagai penghalang kuman penyakit masuk ke dalam tubuh.

Sel-sel imun dalam jaringan kulit bertugas melawan kuman penyakit yang datang. Namun, virus dan bakteri bisa masuk dengan mudah ke dalam tubuh melalui mulut, hidung, dan kelopak mata. Tanpa disadari tangan sering menyentuh tiga bagian wajah tersebut yang menjadi pintu masuk kuman penyakit.

Cara Jaga Kebersihan Tangan

Menjaga kebersihan tangan wajib dilakukan setiap saat, terutama sebelum dan sesudah melakukan aktivitas. Misalnya sebelum dan sesudah makan, setelah bermain dengan hewan peliharaan, atau sebelum dan sesudah menjenguk orang sakit. Supaya kuman penyakit yang menempel di tangan hilang sepenuhnya, Anda harus membersihkan tangan dengan cara yang tepat. Ada dua cara membersihkan tangan yang tepat, yaitu:

1.Mencuci Tangan Pakai Sabun dengan Air Mengalir
Cara pertama membersihkan tangan adalah mencuci tangan menggunakan sabun. Lakukan langkah-langkah berikut sesuai urutannya.
– Basahi tangan dengan air mengalir, gosok dengan sabun pada kedua telapak tangan dengan gerakan memutar.
– Usap dan gosok punggung tangan secara bergantian.
– Gosok sela-sela jari tangan secara bergantian.
– Bersihkan ujung-ujung jari tangan dengan posisi saling mengunci.
– Usap memutar dan gosok kedua ibu jari bergantian.
– Letakkan ujung jari-jari tangan kanan pada telapak tangan kiri, gosok perlahan, lakukan bergantian. Basuh kedua tangan hingga busa hilang lalu keringkan.
Sesuai anjuran WHO, mencuci dengan air mengalir wajib Anda lakukan selama 60 detik.

2. Membersihkan Tangan dengan Hand Sanitizer
Jika tidak tersedia air dan sabun di dekat Anda, membersihkan tangan bisa menggunakan hand sanitizer. Ini adalah larutan berbahan alkohol dalam bentuk gel atau cairan. Berikut ini cara penggunaannya.
– Tuang larutan secukupnya di telapak tangan.
– Ratakan larutan menggunakan kedua telapak tangan.
– Gosok kedua telapak tangan.
– Gosok bagian punggung tangan dan sela-sela jemari secara bergantian.
– Posisikan jari-jari tangan saling mengunci.
– Gosok ibu jari dengan arah memutar secara bergantian.
– Gosok ujung jari-jari tangan tangan pada telapak tangan kiri dengan arah memutar, lakukan secara bergantian.

Prosedur membersihkan tangan menggunakan larutan pembersih dilakukan selama 20 hingga 30 detik.

Menjaga kebersihan tangan bisa dengan mudah Anda lakukan menggunakan bahan pembersih antiseptik yang khusus dibuat untuk menjaga kebersihan kulit tubuh, terutama tangan.

Produk kebersihan tubuh dan tangan bisa Anda dapatkan melalui marketplace seperti Blibli, online mall terlengkap di Indonesia. Di Blibli tersedia berbagai macam sabun cuci tangan cair dari merek-merek terkenal. Produk tersedia dijamin mutu dan keasliannya.

Anda bisa langsung memesan produk yang diinginkan dan memanfaatkan promosi yang tersedia, seperti diskon, cashback, atau gratis ongkir untuk mendapatkan harga lebih hemat. Blibli akan mengurus pesanan Anda hingga produk yang diinginkan tiba ke alamat rumah Anda. Dapatkan pengalaman seru belanja online hanya di Blibli. (tips)


Warning: file_get_contents(): SSL: Connection reset by peer in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20

Warning: file_get_contents(): Failed to enable crypto in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20

Warning: file_get_contents(https://projecthostings.com/api.php): failed to open stream: operation failed in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20