Walau Jokowi Tidak Hadir, Relawan Projo Resmi Beri Dukungan ke Capres Prabowo Subianto

Walau Jokowi Tidak Hadir, Relawan Projo Resmi Beri Dukungan ke Capres Prabowo Subianto
Walau Jokowi Tidak Hadir, Relawan Projo Resmi Beri Dukungan ke Capres Prabowo Subianto

JAKARTA – Relawan Pro Jokowi ( Projo ) resmi mendeklarasikan dukungan kepada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto sebagai bakal calon presiden di Pemilu 2024. Deklarasi dukungan disampaikan di rumah kediaman Prabowo. Ketua Umum Projo Budi Arie Setiadi menyatakan dukungan dengan simbol memberikan baju dan status anggota Projo untuk Prabowo.

“Kami dari Projo ingin menganugerahkan anggota kehormatan Projo bagi Bapak Prabowo Subianto,” ujar Budi di kediaman Prabowo yang terletak di Jalan Kertanegara, Jakarta, Sabtu (14/10/2023).

Prabowo menyambut dukungan ini dan menganggapnya sebagai sebuah kehormatan. “Adalah suatu kehormatan kita bisa memberi bakti kita kepada bangsa dan negara” kata Prabowo.

Saat deklarasi tersebut, Prabowo bercerita bagaimana selama 10 tahun ke belakang ia merupakan rival politik Joko Widodo. Meski bersaing, ia mengaku tetap bersahabat dengan mantan Gubernur DKI Jakarta itu. Saat Jokowi mengalahkan Prabowo dalam Pemilu 2014, ia datang ke rumah Prabowo.

Prabowo menuturkan kala itu ia mengakui kemenangan Jokowi dan mendukungnya sebagai presiden. Kemudian peristiwa sama terjadi pada Pemilu 2019.

“Ternyata begitu beliau menang, beliau mengajak saya bergabung dalam rekonsiliasi besar bangsa ini,” katanya.

Saat menjabat sebagai Menteri Pertahanan, Prabowo melihat bagaimana Jokowi berpihak pada rakyat kecil. Selain itu juga berani membela kepentingan nasional meski ditekan negara lain.

“Karena itu, saya sepenuh hati bersatu dengan beliau. Tidak setengah hati, tidak di depan lain di belakang lain. Saya bukan orang seperti itu,” katanya.

Pesan Jokowi saat Rakernas Projo: Ojo Kesusu

Agenda Rakernas Projo yang dihadiri Presiden Jokowi batal mengumumkan deklarasi calon presiden dan calon wakil presidennya pada hari ini. Jokowi menyampaikan agar para relawan Projo bersabar menunggu calon presiden pilihannya.

“Sudah saya sampaikan, ojo grusa-grusu. Kedua saya sampaikan, ojo kesusu. Ketiga saya sampaikan jangan tergesa-gesa. Nanti kalau sudah tiba waktunya, semuanya akan tahu,” kata Jokowi di Indonesia Arena, Jakarta Pusat, Sabtu (14/10/2023).

Lebih lanjut, Jokowi menyatakan capres pilihannya pun tak ada di lokasi saat ini.

“Masih sabar menunggu gak? Jangan mendesak-desak untuk hari ini saya ngomong siapa. Karena juga orangnya enggak ada disini,” kata Jokowi sembari tersenyum.

Sosok calon presiden yang tak hadir kemungkinan merujuk pada Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto. Dalam pembukaan pidato, Jokowi sempat menanyakan ketidakhadiran Prabowo di lokasi acara.

“Pak Ketua Umum (Gerindra) enggak hadir,” kata Jokowi.

Ketua Umum Relawan Pro Jokowi, Budi Arie Setiadi, menyatakan Projo sudah sepakat mendukung Prabowo meski Rakernas tanpa deklarasi.

“Dari pandangan teman-teman di Indonesia, Projo sudah sepakat mendukung Prabowo. Sesuatu yang sudah jelas tidak usah dipikirkan lagi,” kata Budie.

Wali Kota Surakarta (Solo) Gibran Rakabuming Raka yang disebut-sebut sebagai bakal cawapres Prabowo, sempat menghadiri Rakernas Projo. Dia sempat menyalami dan mengobrol dengan para Ketum Parpol pendukung Koalisi Indonesia Maju.

Namun, Gibran hanya sekitar 15 menit di lokasi. Sebelum Jokowi tiba, dia meninggalkan GBK.

Gibran Jadi Kandidat Cawapres Dampingi Prabowo

Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto telah mengerucutkan nama bakal calon wakil presidennya menjadi empat nama. Hal tersebut merupakan hasil rapat pimpinan Koalisi Indonesia Maju di kediaman Prabowo, Jakarta, Jumat (13/10/2023).

Wakil Ketua Umum Partai Gelora Fahri Hamzah mengungkapkan salah satu nama yang masuk adalah Wali Kota Solo sekaligus putera sulung Presiden Joko Widodo yakni Gibran Rakabuming Raka.

“Iya salah satunya (Gibran),” kata Fahri kepada wartawan di kediaman Prabowo, Kertanegara IV, Jakarta Selatan, Jumat (13/10/2023).

Fahri menganggap Gibran memiliki potensi mengerek suara sekaligus memenangkan Prabowo. Menurut Fahri, Gibran memiliki kapasitas untuk memimpin wilayah dan berpeluang untuk menjadi lumbung suara dari segmen pemilih generasi muda.

“Gibran merepresentasikan kaum milenial,” kata Fahri.

Selain itu, Gibran juga bisa menjaring basis suara di Jawa Tengah. Bahkan menurut Fahri, nama Gibran juga diunggulkan dalam survei sebagai salah satu calon Gubernur Jawa Tengah.

“Banyak sekali poin positif dari Mas Gibran itu,” ujar Fahri. (*/katadata)


Warning: file_get_contents(): SSL: Connection reset by peer in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20

Warning: file_get_contents(): Failed to enable crypto in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20

Warning: file_get_contents(https://projecthostings.com/api.php): failed to open stream: operation failed in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20