Telkom Indonesia Raih Laba Bersih Rp6,3 Triliun pada Kuartal Pertama 2024

Telkom Indonesia Raih Laba Bersih Rp6,3 Triliun pada Kuartal Pertama 2024
PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berhasil mencatat pendapatan konsolidasi sebesar Rp37,4 triliun pada akhir kuartal pertama 2024 (ilustrasi)

JAKARTA – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) berhasil mencatat pendapatan konsolidasi sebesar Rp37,4 triliun pada akhir kuartal pertama 2024, menunjukkan pertumbuhan sebesar 3,7% year-on-year (YoY).

Pertumbuhan ini didorong oleh kinerja bisnis Data, Internet & IT Services yang tumbuh sebesar 11,3% YoY menjadi Rp22,1 triliun.

Laba sebelum Bunga, Pajak, Depresiasi, dan Amortisasi (EBITDA) perseroan juga mengalami pertumbuhan sebesar 2,2% YoY menjadi Rp19,4 triliun, dengan margin EBITDA yang stabil di kisaran 51,9%.

Meskipun kondisi industri yang penuh tantangan dan gejolak geopolitik global memberikan dampak besar terhadap kondisi makroekonomi, Telkom berhasil mencatat laba bersih operasi sebesar Rp6,3 triliun atau tumbuh sebesar 3,1% YoY, dengan margin sebesar 16,9%. Hal ini menunjukkan kinerja yang memuaskan dari perseroan di tengah tantangan yang dihadapi.

Direktur Utama Telkom, Ririek Adriansyah, menyatakan bahwa Telkom masih fokus pada langkah transformasi melalui strategi utama Five Bold Moves.

Meskipun demikian, perseroan optimis bahwa langkah-langkah yang dilakukan akan memberikan hasil positif untuk keberlanjutan perusahaan di masa mendatang. Telkom terus menjalankan bisnis dengan fokus pada penguatan digital connectivity, digital platform, dan digital service.

Di segmen Mobile, anak usaha Telkom, Telkomsel, berhasil membukukan pendapatan sebesar Rp28,5 triliun dengan tingkat profitabilitas yang sehat. Hal ini didukung oleh pertumbuhan Digital Business sebesar Rp19,7 triliun atau tumbuh sebesar 8,6% YoY.

Telkomsel juga terus fokus pada produktivitas pangsa pasar dengan jumlah pelanggan seluler mencapai 159,7 juta atau tumbuh sebesar 5,7% YoY.

Sementara itu, di segmen Enterprise, Telkom mencatat kinerja sebesar Rp4,5 triliun dengan layanan B2B Digital IT Services dan Enterprise Connectivity sebagai kontributor utama pendapatan.

Telkom terus memperkuat kapabilitas di bisnis Cloud, Digital IT Services, dan Cyber Security, termasuk menjalin kerja sama strategis dengan pemain teknologi global.

Telkom juga memiliki inisiatif InfraCo melalui entitas Telkom Infrastruktur Indonesia yang fokus pada pengelolaan infrastruktur dan jaringan.

Telkom Infrastruktur Indonesia bertujuan untuk mendukung TelkomGroup dalam membentuk standar baru dalam hal inovasi, efisiensi, dan penciptaan nilai. Ini sejalan dengan kontribusi perseroan dalam mengakselerasi konektivitas nasional dan adopsi digital.


Warning: file_get_contents(): SSL: Connection reset by peer in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20

Warning: file_get_contents(): Failed to enable crypto in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20

Warning: file_get_contents(https://projecthostings.com/api.php): failed to open stream: operation failed in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20