Telkom Berperan Aktif dalam Pemulihan Lahan Kritis dengan Reboisasi 33.800 Bibit Pohon

Telkom Berperan Aktif dalam Pemulihan Lahan Kritis dengan Reboisasi 33.800 Bibit Pohon

JAKARTA – PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) telah mengambil langkah proaktif dalam mendukung upaya pemulihan lahan kritis di Indonesia.

Data Kementerian Kemaritiman & Investasi tahun 2022 mencatat luas lahan kritis nasional mencapai 12.744.925 Ha, menyoroti ketidakseimbangan antara penebangan dan penanaman pohon oleh masyarakat.

Dalam menghadapi tantangan ini, Telkom turut bersinergi dengan pemerintah untuk menjalankan inisiatif pemulihan lahan kritis dan pembangunan berkelanjutan.

Sepanjang tahun 2023, Telkom telah aktif melaksanakan program pemulihan lahan kritis di beberapa wilayah di Indonesia, termasuk Jabodetabek, Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Dalam rangka ini, Telkom telah menyumbangkan 33.800 bibit pohon untuk mereboisasi lahan kritis seluas 82,1 Ha yang tersebar di 4 provinsi.

Program reboisasi lahan kritis yang dijalankan oleh Telkom bertujuan untuk mencegah terjadinya erosi tanah yang bisa disebabkan oleh angin dan air hujan. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan dapat meningkatkan kesuburan tanah serta menjaga kebersihan udara yang dihirup oleh masyarakat.

Lahan yang telah direboisasi juga dapat dimanfaatkan sebagai lahan pertanian, berpotensi mendukung peningkatan ekonomi dan kualitas hidup masyarakat sekitar.

Hery Susanto, Senior General Manager Community Development Center Telkom, menyatakan bahwa program ini merupakan bagian dari upaya Telkom untuk menciptakan perubahan yang terencana dan berkelanjutan bagi masyarakat.

Dia juga menekankan pentingnya pengukuran dan evaluasi terhadap keberhasilan program untuk memastikan bahwa tujuan sosial perusahaan tercapai.

Salah satu penerima manfaat, Wawan, yang juga merupakan anggota kelompok tani, mengungkapkan rasa terima kasihnya atas program reboisasi ini.

Menurutnya, program ini sangat membantu masyarakat melewati masa pasca bencana yang melanda pada tahun 2020 lalu.

Dalam kesempatan yang sama, Wawan menyampaikan ucapan terima kasih atas perhatian dan bantuan yang diberikan oleh PT Telkom Indonesia kepada masyarakat Desa Lebakgedong dan Desa Banjarsari.

Dia juga berkomitmen untuk menanam dan merawat bibit pohon tersebut dengan rasa tanggung jawab yang tinggi.

Telkom, melalui komitmennya, terus mendampingi masyarakat dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk lingkungan hidup.

Langkah ini sejalan dengan dukungan Telkom terhadap program pemerintah yang mempromosikan Tujuan Pembangunan Berkelanjutan poin ke-15, yaitu ekosistem daratan.

Harapannya, inisiatif ini dapat memberikan manfaat yang berkelanjutan bagi masyarakat, bahkan untuk generasi yang akan datang. (*)


Warning: file_get_contents(): SSL: Connection reset by peer in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20

Warning: file_get_contents(): Failed to enable crypto in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20

Warning: file_get_contents(https://projecthostings.com/api.php): failed to open stream: operation failed in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20