Profil Achsanul Qosasi, Anggota BPK RI dan Kini Tersangka Suap Proyek BTS Kominfo

Profil Achsanul Qosasi, Anggota BPK RI dan Kini Tersangka Suap Proyek BTS Kominfo
Profil Achsanul Qosasi, Anggota BPK RI dan Kini Tersangka Suap Proyek BTS Kominfo

JAKARTA – Kejaksaan Agung menetapkan Achsanul Qosasi, anggota Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) sebagai tersangka kasus dugaan korupsi proyek BTS Kominfo.

“Untuk kepentingan penyidikan, yang bersangkutan kami lakukan penahanan, di rutan Salemba cabang Kejaksaan Negeri Jakarta Selatan,” kata Direktur Penyidikan Jampidsus Kejagung, Kuntadi, dalam konferensi pers, Jumat (3/11/2023).

Qosasi diduga menerima uang kurang lebih Rp40 Miliar yang diduga terkait dengan jabatan. Duit itu diduga diterima dari Irwan Hermawan melalui Windy Purnama dan Sadikin Rusli di sebuah hotel di Jakarta Pusat pada Juli 2022.

Qosasi dijerat Pasal 12B, Pasal 12e atau Pasal 5 ayat (2) huruf b juncto Pasal 15 UU Tipikor atau Pasal 5 ayat (1) UU Tindak Pidana Pencucian Uang.

Nama Qosasi disebut dalam sidang pemeriksaan terdakwa Galumbang Menak, Direktur Utama PT Mora Telematika, 23 Oktober 2023. Jaksa mencecar Galumbang untuk menggali sosok AQ yang sempat muncul dalam percakapan antara Komisaris PT Solitech Media Sinergy, Irwan Hermawan dan Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (Bakti) Kominfo, Anang Achmad Latif, yang juga merupakan terdakwa kasus dugaan korupsi BTS 4G BAKTI Kominfo.

Profil Achsanul

Lahir di Sumenep, Madura, 10 Januari 1966. Ia merupakan anggota III BPK. Di posisi ini, Achsanul telah menduduki jabatan sejak Oktober 2017. Achsanul tercatat pernah mengenyam pendidikan gelar Sarjana Ekonomi dari Universitas Pancasila. Selain itu, ia meraih gelar Magister dari Jose Rizal University, Filipina.

Dalam perjalanan kariernya, Achsanul pernah dipercaya menjadi Direktur Bank Swasta Nasional pada 2004. Dua tahun berselang, ia bekerja dalam Programme Director Lembaga Keuangan Asing pada 2006. Riwayat organisasi Dikutip dari bpk.go.id, Achsanul pernah menjadi anggota Majelis Ekonomi Pimpinan Pusat Muhammadiyah.

Pada tahun 2000, Achsanul terjun ke dunia olahraga dengan menempati posisi sebagai Ketua Umum Persija Selatan. Setelah itu, Achsanul didapuk menjadi Bendahara PSSI pada 2007 hingga 2011.

BACA JUGA Menkominfo Johnny G. Plate Ditetapkan Tersangka Dugaan Korupsi Infrastruktur BTS

Ia juga tercatat saat ini berstatus Presiden Madura United, salah satu klub papan atas Liga 1.

Riwayat jabatan Selain di dunia olahraga, Achsanul juga pernah menempati posisi penting. Tercatat, Achsanul pernah menjadi Wakil Ketua Fraksi Partai Demokrat dan Wakil Ketua Komisi XI DPR RI.

Setelah berkarier di dunia politik, Achsanul mulai menempati posisi di lembaga negara. Pada 2014, ia menjadi anggot VII BPK hingga 2017. Selanjutnya, ia menjadi anggota III BPK sejak 2017 hingga sekarang.(*)

Sumber : Narasi/Kompas.com


Warning: file_get_contents(https://projecthostings.com/api.php): failed to open stream: HTTP request failed! in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20