Demo Buruh di Balai Kota DKI Jakarta Memanas, Gerbang Jadi Sasaran Amuk Massa

JAKARTA – Demo Buruh untuk meminta kenaikan Upah Minimun Provinsi (UMP) DKI 2024 di depan Gedung Balai Kota Jakarta, pada Selasa (21/11) memanas, beberapa massa mulai mendorong-dorong gerbang Balai Kota DKI Jakarta dengan iringan teriakan orator.

Berdasarkan pengamatan media dilapangan aksi demonstran membuat dinding beton dari pagar itu roboh. Reruntuhannya pun menimpa tanaman hias di halaman Balai Kota. Namun, massa buruh tidak menghiraukan kerusakan itu dan melanjutkan aksi mereka.

“Ini rakyat mau ketemu, bukan mau minta duit. Ini mau minta naikan gaji Rp 5,6 juta. Yang bayar bukan APBD tapi perusahaan kita kerja,” teriak orator dari atas mobil komando dikutip dari Kompas.

Massa aksi meminta agar Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono untuk keluar menemui massa. Mereka meminta penjelasan terhadap nasib Buruh agar UMP mereka dinaikkan. Untuk diketahui, kenaikan UMP DKI 2024 ditetapkan melalui sidang Dewan Pengupahan yang sebelumnya digelar pada Jumat (18/11/2023).

Sidang digelar melibatkan pemerintah daerah, pengusaha, serikat pekerja, dan akademisi. Namun, sidang tersebut berakhir buntu karena tiga unsur Dewan Pengupahan mengusulkan besaran UMP yang berbeda. Unsur pengusaha (Apindo DKI) dan Pemprov DKI mengusulkan kenaikan UMP 2024 DKI Jakarta sesuai Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 51 Tahun 2023 tentang Pengupahan. Namun, Apindo dan Pemprov DKI mengusulkan nilai variabel alfa yang berbeda.

Pokok Variabel alfa adalah indeks yang menggambarkan kontribusi tenaga kerja terhadap pertumbuhan ekonomi. Nilainya antara 0,1 sampai 0,3. Apindo mengusulkan alfa 0,2 sehingga UMP DKI naik menjadi Rp 5.043.000, sedangkan Pemprov DKI mengusulkan alfa 0,3 dengan UMP sebesar Rp 5.063.000.

(NC/Kmps)


Warning: file_get_contents(): SSL: Connection reset by peer in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20

Warning: file_get_contents(): Failed to enable crypto in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20

Warning: file_get_contents(https://projecthostings.com/api.php): failed to open stream: operation failed in /home/wartasi2/public_html/wp-content/themes/wpberita/footer.php on line 20